Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Manfaatkan Instagram untuk bisnis

Dari restoran hingga toko makanan kecil, bisnis dengan skala besar hingga sekadar bisnis iseng, hampir semua pernah menjajal Instagram. Mereka berharap posting fotonya dapat dilirik puluhan juta pengguna dan dapat memperlebar jangkauan terhadap brand-nya.

Apa yang membedakan Instagram dari media sosial yang lain seperti Facebook atau Twitter? Aplikasi ini merupakan photo-based­ dan hanya tersedia pada Apple iOS dan Android. Instagram telah berkembang menjadi alat marketing yang efektif. Perusahaan dapat dengan cepat membangun brand recognition dan customer loyalty melalui galeri foto yang mampu membantu mereka melakukan personalisasi brand dengan mudah.

Bagaimana Anda dapat menggunakan Instagram untuk membawa marketing perusahaan Anda ke tingkat selanjutnya?

Entrepreneur.com telah merangkum beberapa hal yang dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness perusahaan.

Berikut cara meningkatkan brand awareness perusahaan Anda lewat Instagram:

1. Promosikan barang dan jasa yang Anda jual

Daripada menggunakan info berbasis tulisan yang memusingkan, tunjukkan produk Anda melalui foto-foto kreatif!

Starbucks contohnya, melakukannya dengan benar. Kedai kopi ini memasukan foto yang cenderung santai, dan berkaitan dengan kopi tentunya. Foto close-up Frappuccino, cookies, atau produk-produk lainnya sering diposting oleh Starbucks. Starbucks juga terkadang mem-posting foto baristanya yang sedang beraksi menyajikan latte.

Untuk menghindari kesan berlebih, jangan menunjukan foto produk Anda lebih dari tiga sampai empat kali sehari. Serta hindari melakukan posting terhadap gambar yang sama. Komunitas Instagram mencari sesuatu yang segar, bukan pengulangan yang membosankan.

2. Goda follower dengan foto behind the scene

Tunjukkan kepada konsumen Anda apa yang terjadi di perusahaan Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan foto candid dari pegawai, pesta perusahaan atau mungkin teaser terhadap produk yang akan Anda luncurkan. Hal ini lebih mengundang ketimbang berlaku statis dan memposting foto yang terkesan itu-itu saja.

3. Lakukan kontes fotografi

Kontes ini dapat menjadi hal yang menyenangkan, sekaligus biaya yang minim untuk menarik serta berinteraksi dengan konsumen-konsumen Anda. Ajak followers Instagram Anda untuk memposting foto mereka yang berkaitan dengan produk Anda. Hadiahnya dapat berupa bingkisan, atau mungkin foto terbaik akan di pajang di online store. Anda bebas menentukannya. Yang pasti, buat kontes ini menarik dan bukan sekadar kontes asal-asalan.

Instagram bisa menjadi senjata ampuh bagi para brand yang ingin dilirik di era digital.

 

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top