Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Manfaat Pendidikan bagi Ekonomi Bangsa

www.marketing.co.id – Masyarakat harus mendapatkan akses penuh dan terbuka terhadap pendidikan secara umum. Pendidikan adalah hak dasar setiap warga negara di mana pun di seluruh dunia dan karenanya, negara wajib membiayai dan menyediakan pendidikan. Singkatnya, saya adalah pendukung fanatik pentingnya pendidikan yang berkualitas dan karenanya, saya akan selalu mendukung dan memperjuangkan akses pendidikan berkualitas bagi masyarakat.

pic source: Educationjustice.com

pic source: Educationjustice.com

Kita harus menyadari bahwa pendidikan adalah pilar kesejahteraan yang pertama dan paling utama dibandingkan pilar-pilar lainnya, antara lain infrastruktur, riset dan peraturan bidang ekonomi. Melalui pendidikan, bangsa akan mendapatkan manfaat signifikan dan khusus dalam artikel ini, saya akan membahas manfaat pendidikan bagi ekonomi dan demokrasi Indonesia.

Manfaat pendidikan bagi ekonomi bangsa:

Para pekerja dengan tingkat pendidikan yang tinggi mampu bekerja secara lebih efektif dan efisien, membuat tingkat kesalahan yang rendah dan memberikan nilai tambah lebih tinggi. Informasi tersebut berdasarkan data olahan pemerintah Selandia Baru (salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia).

Lebih jauh lagi, manfaat-manfaat yang diperoleh dengan adanya pekerja bercirikan hal-hal tersebut antara lain level PDB per tahun yang lebih tinggi, tingkat harapan hidup yang lebih tinggi dan pemahaman manajemen keluarga yang lebih baik (unescobkk.org, gsdrc.org).

Tentu saja jika pemerintah menginvestasikan perhatian lebih tinggi kepada pendidikan dan turunannya, misalnya riset, kita juga dapat mengharapkan hasil berupa lebih tingginya angka pekerja profesional yang mumpuni dalam berbagai bidang, mulai dari sains, teknik, sosial, dst. Jadi, ketergantungan kita terhadap tenaga kerja asing dapat semakin menurun.

Manfaat pendidikan bagi pemahaman demokrasi bangsa:

Pemahaman demokrasi yang lebih matang dan kesadaran bermasyarakat yang lebih baik. Seberapa baikkan posisi kualitas warga negara kita saat ini di mata dunia? Saya miris menyebut peringkat kita, namun jika Anda benar-benar ingin mengetahui, silahkan cek oecd.org/pisa/. Pisa baru menjadi salah satu parameter, kita belum melihat parameter-parameter lainnya.

Padahal, jika kita ingin memiliki warga negara dengan pemahaman demokrasi, bermasyarakat dan kebangsaan yang sangat baik, bangsa kita harus mampu mencapai kemampuan baca tulis dan menyerap pengetahuan hingga level tertentu. Pendidikan yang baik mampu memberikan hal tersebut sekaligus memberikan pembelajaran karakter yang menjadi pedoman masyarakat.

Berdasarkan alasan-alasan di atas, saya sangat percaya bahwa pendidikan memberikan imbal hasil yang sangat baik dan juga berganda bagi bangsa dan negara Indonesia. Imbal hasil yang sangat baik itu antara lain dalam bentuk kestabilan ekonomi dan sosial yag berkelanjutan.

Oleh sebab itu, merupakan kewajiban bagi pemerintah untuk membiayai akses dan pengadaan sarana prasarana pendidikan yang baik dan berkualitas hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Tentu saja pembiayaan dan pengadaan tersebut harus dikelola dengan baik dan terstruktur.

Bagaimana dengan pendapat Anda? Apakah Anda memiliki pendapat berbeda? (Andika Priyandana – Editor-in-Chief Marketing.co.id)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top