Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Malam Sulit Tidur, Namun Harus Bangun Pagi?

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur terkait dengan menurunnya daya berpikir, konsentrasi, dan kemampuan bekerja. Lebih jauh lagi, jika dibiarkan dalam jangka panjang, kurang tidur berperan dalam meningkatnya risiko serangan jantung, obesitas, diabetes, dan kanker. Menyesuaikan jadwal tidur menjadi lebih awal adalah salah satu cara yang dapat membantumu bangun lebih awal sehingga bisa menjalani rutinitas tepat waktu. Namun, teknik ini kurang cukup efektif untuk sebagian orang, terutama yang merasa dirinya “night owl” atau terjaga di malam hari. Akan tetapi, masih ada cara yang bisa dilakukan, kok. Ada tips tidur yang dapat kamu coba agar kamu tetap bisa bangun lebih pagi dan berangkat tepat waktu:

Via Hellosehat

Buat Kamar Senyaman Mungkin

Apa kamarmu cukup nyaman sehingga kamu dapat tidur dengan nyenyak? Coba buat ruang tidurmu seakan seperti “surga” sehingga kamu dapat cepat masuk ke alam bawah sadar sesaat setelah merebahkan tubuh dan memejamkan mata. Matikan ponsel, lampu, dan alat-alat lain yang memancarkan cahaya. Membuat ruangan menjadi gelap dapat membantumu tidur lebih cepat dan mudah, serta membuatmu merasa lebih segar saat bangun dini hari. “Matikan apapun yang memancarkan cahaya dalam kamar atau menutupnya—terutama cahaya biru yang dapat mengganggu level melatonin tubuh. Sebab, cahaya itu membuatmu merasa terjaga dan terbangun saat ingin tidur,”

Bangun Tidur Tubuh Paparkan Cahaya Matahari
Saat bangun, mungkin kamu akan merasa loyo atau sulit untuk memfokuskan dirimu sendiri. Namun, ada banyak cara untuk membantumu jadi lebih terjaga. Salah satunya, membeli diffuser eroma terapi. Karena menghirup essential oil yang berfungsi menstimulasi (peppermint, spearmint, citrus dan bergamot), dapat membangunkan saraf dan membuatmu merasa lebih bersemangat. Cara lainnya, biarkan dirimu terpapar cahaya alami segera setelah bangun untuk meningkatkan kesegaran tubuh, menyalakan lagu yang penuh semangat dan melompat kecil untuk memicu pompa darah dalam tubuh, serta minum segelas air mineral.

Bangun Pagi Jadikan Kewajiban
Masih sulit untuk bangun lebih awal? Tekanan dari lingkungan sekitar bisa menjadi motivasi untukmu bangun tidur tepat waktu. Kamu bisa mengatur jadwal pertemuan dengan rekan kerja pagi hari, misalnya. Cara ini dapat bekerja karena menciptakan rasa tanggung jawab, membuatmu merasa kalau reputasimu dipertaruhkan, serta menggunakan sinyal biologis agar kamu dapat bangun pagi.
Penelitian menunjukkan kalau saat seseorang memiliki hal penting untuk dilakukan pada suatu waktu tertentu, tubuh akan bangun secara sendirinya. Itu yang menjadi alasan dirimu bangun sebelum alarm berbunyi ketika ada tugas penting menantimu di hari tersebut. Datang ke pertemuan dan buat suasananya jadi lebih penting atau menyenangkan sehingga rekan kerja lain juga dapat menikmatinya. Kalau bekerja dari rumah? Buat jadwal kegiatan sosial di pagi hari dengan seseorang yang nggak ingin kamu kecewakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top