Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

MAKERFEST Indonesia Rangkul Masyarakat Bangga Kreasi Lokal

Jakarta, 17 Desember 2018 – MAKERFEST Indonesia, sebuah wadah yang dipelopori oleh Tokopedia bekerja sama dengan BEKRAF, Kemenpin, Kemendag dan Kemenkoinfo akhirnya selesai dilaksanakan dengan sukses. Berlangsung selama dua hari (15-16 Desember 2018), acara ini sukses mengajak seluruh masyarakat dalam Gerakan Bangga Kreasi Lokal. MAKERFEST sendiri adalah sebuah gerakan independen pemberdayaan kreator lokal untuk merealisasikan serta mengembangkan ide usaha kreatif mereka, hingga bisa menjadi brand nasional yang mendunia. Sebelumnya telah berlangsung MAKERFEST roadshow di 8 kota yakni, Medan, Padang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Bandung dan Denpasar.

Gelaran MAKERFEST 2018 yang diadakan setiap tahun oleh Tokopedia. Foto: Majalah MARKETING.

William Tanujaya, CEO Tokopedia sekaligus Chairman of MAKERFEST 2018 saat ditemui mengatakan dimulai dari kampanye kami tahun 2018 ini yaitu #MulaiAjaDulu dan Makerfest, Tokopedia telah melakukan gerasakan menggunakan kreasi lokal ke kantor setiap hari Jumat. Gerakan ini juga menandai komitmen kami supaya semakin banyak lahir brand-brand masa depan Indonesia. Kami bangga sudah banyak brand lokal yang bisa mendunia dan terus diproduksi sampai sekarang dengan berbagai inovasi dari pelaku usahanya.

Puncak Acara MAKERFEST yang diadakan pada Minggu, 16 Desember 2018, Tokopedia bersama beberapa Kementerian terkait melakukan deklarasi “Bangga Kreasi Lokal” bersama. Selain mendeklarasikan Gerakan Bangga Kreasi Lokal, MAKERFEST juga mengumumkan juara kompetisi bisnis yang diraih oleh Stella Elvina Winoto dari Yogyakarta dengan produk OMO! Healthy Snack. Ia berhak mendapat dukungan modal bisnis sebesar Rp 1 miliar. Sedangkan pemenang kedua dan ketiga diraih oleh Fauzy Prasetya Kamal dari Jakarta dengan produk Kandura dan Tommy dari Surabaya dengan produk The Able Art. Masing-masing mendapatkan modal usaha sebesar Rp 300 juta dan Rp 200 juta. Selain itu ketiga pemenang mendapatkan alat pemasaran terintegrasi yaitu salah satunya “panggung” offline dan online dalam pameran kreasi lokal berskala nasional dan internasional. Dalam puncak acara ini, tercatat sekitar 60 ribu pengunjung datang untuk memberikan dukungan bagi brand-brand lokal yang berpartisipasi.

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top