Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Makanan Manis Membuat Kulit Kering

Suka mengonsumsi makanan manis setelah menyantap hidangan utama? Kamu tidak sendiri. Menikmati makanan manis setelah melahap menu gurih seperti hal yang tak bisa dipisahkan. Jika dikonsumsi sesekali, mungkin tidak akan berdampak besar. Tapi kalau kamu mengonsumsi makanan manis berlebihan, kulit bisa mengalami kerusakan lebih cepat.

Meningkatkan Risiko Peradangan

Saat mengonsumsi makanan manis, tubuh akan memproduksi insulin. Hal ini terjadi untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Tapi diproduksinya insulin juga meningkatkan peradangan dan membuat jadi sangat mudah kemerahan. Kalau kamu memiliki jerawat eksim atau rosacea, maka peradangan ini akan semakin parah.

Menghancurkan Kolagen

Makanan manis akan membuat kadar gula dalam tubuh menyerang kolagen dan menyebabkan glikasi. Lalu, proses tersebut akan menimbulkan AGEs (advanced glycation ends products) yang akan membunuh kolagen dan mempercepat munculnya kerutan dan garis halus.

Memperparah Alergi

Kalau kamu memiliki alergi gula bisa jadi memperparah kondisinya. Jika memiliki eksim, mungkin kamu telah menyadari bahwa gula bisa menyebabkan eksimmu kambuh. Untuk penderita alergi makanan pun, gula bisa membuat reaksi alergi kerap menyiksa dan lebih sering.

Contoh makanan manis yang membuat kulit mudah kering:

Via Beritatagar

Permen
Makanan manis lainnya seperti es krim, kue, dan cokelat juga berpotensi besar menyebabkan kulit kering. Seperti halnya garam, terlalu banyak gula dalam tubuh bisa meningkatkan inflamasi tubuh, tidak terkecuali kulit. Gula akan merusak kolagen dan menyebabkan kulit kering dan menua.

Soda
Minuman bersoda tidak hanya bisa membuat tubuh gemuk tapi juga menimbulkan efek kering dan kusam di kulit. Kulit bisa cepat menua dan bahkan memicu tumbuhnya jerawat.

Makanan tinggi vitamin A
Makanan tinggi vitamin A tentu sangat baik untuk tubuh karena membantu keseimbangan tubuh dan metabolisme. Tapi terlalu banyak makan makanan tinggi vitamin A, menurut dermatologis Dr. Elizabeth Tanzi, punya efek negatif membuat kulit kering.

Itu dia sekian makanan yang bisa membuat kulit kering, akan lebih baik jika kamu mengurangi konsumsinya, dan makan secukupnya untuk makanan mengandung vitamin A,

Roti

Roti adalah makanan berbahan tepung yang tinggi kadar gula dan karbohidratnya, dan inilah yang membuat roti bisa menaikkan kadar gula darah dan insulin tubuh. Efek berikutnya yang dirasakan adalah merusak kolagen kulit, kulit kering dan menimbulkan keriput.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top