Wednesday, July 24, 2024
HomeNews & EventMahasiswa S2 Paramadina Gelar Workshop Melek Digital Mencari Kerja

Mahasiswa S2 Paramadina Gelar Workshop Melek Digital Mencari Kerja

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita News & Event | Keterampilan dan kemampuan di era digital saat ini masih menjadi tantangan utamanya dalam mencari pekerjaan. Mengamati hal tersebut, mahasiswa Magister Komunikasi Korporat Universitas Paramadina mengadakan workshop sehari untuk anak muda dalam meningkatkan kapasitas dalam mencari pekerjaan.

Workshop yang mengusung tajuk “Penguatan SDM: Peningkatan Kapasitas Anak Muda Wilayah Komplek Marinir RW 06 dalam Mencari Pekerjaan” berlangsung di Komplek Marinir Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok, JawaBarat pada Sabtu (29/6/2024).

Peserta mengikuti Workshop Sehari Penguatan SDM Peningkatan Kapasitas Anak Muda yang diselenggarakan oleh mahasiswa S2 Magister Komunikasi Korporat Universitas Paramadina, dengan antusias. Foto: Ist.

Sebanyak 20 peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini. Peserta merupakan pekerja produktif yang berusia 18-28 tahun, lulusan kuliah, SMA dan SMK atau angkatan terakhir yang duduk di bangku SMA, serta mereka yang belum mandapatkan pekerjaan.

Pada workshop ini, peserta dibekali pengetahuan mulai dari pembuatan CV dengan format sederhana yang dapat disortir melalui software pemberi kerja. Kemudian ada pula cara melakukan wawancara dengan percaya diri untuk bisa diterima bekerja.

Tak ketinggalan pula melatih peserta dalam mengakses platform digital pencarian pekerjaan seperti LinkedIn serta keterampilan desain dengan Canva dan penggunaan asisten kecerdasan buatan (AI) seperti Chat GPT yang menjadi salah satu fokus workshop.

Ageng Wuri Rezeki Afandiah selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa sebelum menggelar pelatihan, pihaknya dengan 12 mahasiswa dalam tim telah melakukan pemetaan sosial untuk mendapatkan gambaran masalah yang dihadapi masyarakat setempat.

“Pelatihan ini menjadi fokus bahasan kami untuk menjadikan anak muda lebih mandiri sekaligus dapat secara tidak langsung menurunkan penetrasi angka pengangguran meskipun belum secara masif. Pelatihan ini menjadi langkah awal dan harapan akan berkelanjutan dengan melihat tren mencari kerja yang ada,”tutupnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular