Marketing.co.id ā Berita Marketing | mahakaX membuktikan kesuksesannya memadukan kekuatan kreativitas, media dan teknologi lewat Instalasi Kreatif dan Experiential Event yang memberikan pengalaman relevan dan juga menghibur bagi audiens. Hal ini terefleksi dari Museum Patah Hati (MPH) yang beberapa minggu ini viral di media sosial dan menarik antusiasme yang tinggi dari pengunjung.
Tercatat hingga saat ini, pengunjung MPH telah mencapai puluhan ribu. Pengunjung datang untuk merasakan secara langsung suasana dan nostalgia yang menyenangkan walaupun masuk dalam pengalaman Patah Hati. Museum Patah Hati adalah Intellectual Properties (IP) dari mahakaX yang mengangkat tema Patah Hati ke dalam bentuk Instalasi kreatif dan Experiential Event.
Chief Creative Officer (CCO) mahakaX, Ishak Reza, memastikan Creative Experiential Event seperti ini bisa menjadi solusi pemasaran brand yang lebih fresh, efektif, kreatif dan inovatif. Experiential Event membantu mereka menghadirkan pengalaman yang unik ke target market yang tepat dengan konteks yang relevan.
Baca juga: mahakaX dan Adhya Group Bersinergi Garap Industri Kreatif
āSaat ini jumlah brand semakin banyak, namun atensi konsumen terhadap brand semakin menurun. Sehingga mereka harus terus berlomba-lomba āmengambil hatiā konsumen agar selalu diingat, dipilih dan dibeli. Oleh karena itu, Creative Experiential Event seperti Museum Patah Hati bisa menjadi solusi marketing yang fresh sehingga brand dapat memberikan pengalaman yang unik; tidak hanya melalui instalasi kreatifnya yang digelar secara offline tapi juga social conversation-nya di digital dan media sosial. Semua ini dibungkus dengan tema Patah Hati; sebuah konteks yang sangat relevan khususnya di kalangan Milenial dan Gen Z yang merajai populasi produktif di Indonesia,ā papar Reza kepada media.
Sebuah studi dari EMI & Mosaic yang mensurvei lebih dari 1.600 perusahaan besar menunjukkan, 84% percaya bahwa bagi perusahaan mereka, experiential marketing sangat penting dan berdampak. Oleh karena itu, mahakaX mendorong penerapan Creative Experiential Event sebagai terobosan kreatif dalam melakukan Brand Marketing. Terobosan ini tidak hanya untuk ditujukan sebagai solusi untuk brand tapi juga untuk menggerakan industri ekonomi kreatif nasional.
Selebriti sekaligus investor di MPH, Vidi Aldiano, pun sependapat bila experiential event seperti MPH adalah langkah strategis untuk menyasar generasi muda serta memaksimalkan customer experience. Menurutnya, instalasi yang memadukan teknologi dan kreativitas menjadi kebutuhan Gen Z saat ini dan membuka peluang bagi para brand untuk mengkomunikasikan idenya secara personal.
āMenurutku ini cara yang kreatif untuk mendorong semuanya ke ranah digitalĀ karena hampir semua, termasuk generasi muda sekarang pun sudah bisa dan sangat mudah akses informasi-informasi digital. Jadi, support banget sama mahakaX yang dulunya media konvensional, sekarang udah leading towards digital dan bekerja sama dengan kita,ā ungkap Vidi.
Kolaborasi dengan kreator lokal dan rencana inisiatif inovasi
Reza menambahkan, bahwa Indonesia tidak hanya kaya akan kekayaan alam tapi juga sumber daya manusianya yang sangat kreatif. Oleh karena itu mahakaX juga akan terus berkolaborasi dengan berbagai kreator lokal, publik figur, komunitas hingga pelaku bisnis untuk terus menghadirkan lebih banyak entertainment dalam bentuk Creative Experiential Event; tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Inisiatif ini juga dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif nasional melalui kolaborasi dan dukungan ekosistem mahakaX untuk kreator-kreator lokal.
Baca juga: Kominfo Ajak Masyarakat Makassar Jadi Konten Kreator Tanpa Hilang Moral
Reza menegaskan, inisiatif-inisiatif mahakaX akan terus berkembang seiring dengan perkembangan media dan teknologi yang pesat. Creative Experiential Event seperti Museum Patah Hati akan terus berlanjut ke tema-tema lain seperti Horor hingga Taman Bermain untuk keluarga.
āDengan kolaborasi erat dengan brand, kreator lokal dan media digital, kita ingin terus menghadirkan lebih banyak hiburan untuk masyarakat Indonesia dengan konsep kreatif yang relevan dan menghibur, kualitas produksi yang baik dengan harga terjangkau sehingga bisa dinikmati berbagai kalanganā tutup dia.