Luncurkan Model Baru, MMKSI Optimistis Hadapi Pasar Otomotif 2025

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Otomotif | PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menunjukkan optimisme kuat dalam menghadapi tantangan pasar otomotif Indonesia di tahun 2025, meskipun tahun 2024 ditandai dengan kompetisi ketat dan penurunan penjualan mobil nasional. Data retail menunjukkan total penjualan mobil sepanjang 2024 mencapai 889.680 unit, atau turun 10,9% dibandingkan tahun 2023.

Namun, MMKSI berhasil mencatat penjualan 71.451 unit pada periode April 2024 – Maret 2025, menjaga posisi pangsa pasar positif sebesar 8,2% di tiap segmen pasar otomotif Indonesia. Penjualan tersebut terdiri dari 49.559 unit kendaraan penumpang dan 21.892 unit kendaraan niaga ringan, dengan model seperti Xpander, Xpander Cross, Xforce, Pajero Sport, Triton 4×4, dan L300 menjadi kontributor utama yang masing-masing berhasil meraih pangsa pasar signifikan di segmennya.

Di sisi purnajual, MMKSI juga mencatat capaian positif pada tahun 2024, dengan total kendaraan yang datang ke diler resmi untuk servis dan perawatan naik sebesar 3%. Penjualan suku cadang, aksesoris, dan genuine part juga meningkat 2% dibandingkan tahun fiskal 2023. Indeks kepuasan konsumen (Customer Satisfaction Index/CSI) MMKSI mengalami peningkatan 13 poin dari tahun sebelumnya, dan berkat penerapan filosofi “Passion to Care” melalui layanan menyeluruh, Net Promotor Score (NPS) MMKSI naik 22,7 poin menjadi 66,7 poin. Capaian ini menjadi motivasi bagi MMKSI untuk terus menyempurnakan layanan yang sudah ada.

Hasil survei internal MMKSI pada akhir 2024 menunjukkan bahwa Mitsubishi Motors berada di posisi tiga besar merek teratas yang dipikirkan konsumen Indonesia, dan seluruh model kendaraan Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia juga berada di posisi tiga besar teratas di tiap segmennya.

Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI, menyampaikan terima kasih kepada konsumen setia Mitsubishi Motors, rekan media massa nasional, serta semua pihak yang telah mendukung perkembangan bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia. “Kami sangat bersemangat tahun ini, dikarenakan 2025 menjadi tahun yang menandai kehadiran Mitsubishi Motors ke-55 tahun, tumbuh berkembang dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia,” ungkap Atsushi Kurita.

Ia juga menambahkan, bahwa MMKSI akan memperkenalkan model baru yang akan menjadi salah satu unggulan di pasar Indonesia, serta meluncurkan penyegaran model New Xpander dan New Xpander Cross agar tetap relevan dengan preferensi konsumen. Dengan semangat “Celebrate Every Journey with Mitsubishi Motors” dan pengalaman panjang, Mitsubishi Motors bertekad untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang khas namun sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk tahun 2025, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memproyeksikan penjualan mobil baru mencapai 900.000 unit. Proyeksi ini memicu MMKSI untuk mempertahankan eksistensinya dan meningkatkan kualitas produk, layanan penjualan, serta purnajual. Tahun 2025 menandai 55 tahun kehadiran Mitsubishi Motors di Indonesia, sejalan dengan brand message “Life’s Adventure – Empowering Every Journey,” yang mencerminkan komitmennya sebagai pelopor inovasi untuk membantu konsumen melewati tantangan hidup dan meraih peluang.

Dengan pengalaman lebih dari lima dekade, teknologi canggih, servis purnajual yang andal, serta kepercayaan yang telah dibangun, Mitsubishi Motors berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen, sekaligus berkontribusi kepada masyarakat Indonesia.

Di sisi penjualan, MMKSI menargetkan penjualan unit kendaraan tahun 2025 melebihi capaian tahun 2024, dengan pangsa pasar 10%. Strategi untuk mencapai target ini meliputi peluncuran model-model baru unggulan, termasuk model yang benar-benar baru, serta mempermudah proses kepemilikan kendaraan melalui berbagai program penjualan menarik seperti uang muka ringan, bunga ringan, lucky draw, hingga dukungan program pembiayaan.

Selain itu, MMKSI akan meningkatkan frekuensi pameran bulanan di berbagai daerah, berupaya meningkatkan pembelian kembali dari konsumen baru maupun loyal, serta menggarap kembali potensi penjualan fleet untuk proyek-proyek besar.

Dari sisi peningkatan pengalaman konsumen, MMKSI akan memastikan ketersediaan dan keterjangkauan kualitas terbaik di setiap tahap interaksi, mulai dari pembelian hingga purnajual, baik melalui aktivitas offline maupun online. Kepastian layanan dengan standar Mitsubishi Motors akan didukung oleh penambahan 13 jaringan diler baru, sehingga total menjadi 188 outlet, didukung 29 fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat, serta 5 authorized part shop pada akhir tahun fiskal 2025. Seluruh layanan ini akan didukung oleh kualitas humanware yang mumpuni, yang akan terus ditingkatkan berbasis hasil survei kepuasan. MMKSI memperkirakan jumlah kedatangan unit untuk servis di bengkel resmi (Service Incoming Unit/SIU) akan terus naik, begitu pula dengan penjualan suku cadang resmi dan skor CSI.

Sebagai kilas balik tahun 2024, MMKSI telah menghadirkan beragam inovasi produk dan layanan terbaik, seperti All New Triton, New Pajero Sport, L100 EV, Xforce Ultimate DS, serta seri Limited Edition untuk Pajero Sport dan Xpander Cross. Program penjualan menarik diberlakukan setiap bulan, termasuk referral program. Di sisi purnajual, MMKSI juga menghadirkan program bulanan dan tematik, seperti program Lebaran, promo Imlek/Angpau, Servis Merdeka, dan perawatan kendaraan musim hujan, serta menyelenggarakan Mitsubishi Motors Adventure Point dan mengaktifkan diler serta bengkel siaga selama libur panjang dan hari raya.

Perkembangan jaringan diler resmi berlanjut dengan penambahan 10 diler baru dan 1 Mitsubishi Bodi & Cat baru. MMKSI juga meningkatkan fasilitas digital melalui aplikasi My Mitsubishi Motors ID (MMID) dengan 5 peningkatan fitur, MIRA (virtual assistance chat bot), dan Mitsubishi Motors Customer Care, serta mempermudah akses suku cadang resmi melalui e-commerce. Peningkatan juga dilakukan di area hulu dengan peresmian Mitsubishi Motors Training Center di Kawasan Industri MM2100 Cibitung, Bekasi, yang menjadi pusat pelatihan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.