Marketing.co.id – Berita UMKM | Banyak brand yang menggunakan skema reward atau hadiah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Namun, bagaimana mereka memanfaatkan cara ini untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan mereka?
Berikut adalah 7 cara membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan:
Konsisten berkomunikasi dengan pelanggan
Jika pelanggan berhak menjadi bagian dari program reward Anda, maka ingatkan mereka bahwa mereka memiliki keuntungan dan mengaitkan program reward tersebut dengan kebutuhan mereka saat ini. Bekerjalah dengan keras untuk meraih pemahaman dari pelanggan sehingga mereka lebih jelas dan mengerti bahwa mereka sedang diberikan hadiah.
Salah satu waktu yang tepat untuk memulai skema ini adalah pada saat pelanggan melakukan pembelian, karena akan menjadi faktor pendorong dalam proses pengambilan keputusan pembelian mereka.
Relevan
Pastikan reward yang ditawarkan relevan dengan kebutuhan pelanggan. Dalam suasana sekarang, dimana konsumen terus memperketat ikat pinggang (berhemat), brand yang yang sukses dalam melahirkan loyalitas menawarkan diskon yang relevan dalam bentuk produk, potongan harga dan waktu.
Keep in simple
Jangan memperumit program reward karena mengandung resiko. Pelanggan akan enggan untuk terlibat jika prosesnya rumit. Tetaplah konsisten dalam menyajikan penawaran yang memberikan tingkat fleksibilitas besar yang tidak hanya terbatas pada angka dan periode. Ini akan membantu melibatkan pelanggan dengan brand serta membangun hubungan jangka panjang.
Tetap segar
Jaga program reward terus berkembang dan menarik untuk memastikan pelanggan tidak menjadi bosan dengan hal lama yang sama. Isi skema tersebut dengan imbalan atau kesempatan baru bagi pelanggan sehingga Anda dianggap memiliki minat yang sama dengan mereka. Tentunya ini akan meningkatkan pembelian berulang dan membangun loyalitas.
Hal ini juga memberikan kesempatan lebih banyak kepada Anda untuk berkomunikasi dengan mereka sekaligus mempermudah Anda mengumpulkan data yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan komunikasi lebih lanjut ke depan dan akhirnya dapat membantu memperbaiki kinerja bisnis.
Tampil beda
Berikan pelanggan reward dengan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Hal ini dimaksudkan agar Anda terlihat lebih menonjol. Memberikan nilai tambah lebih baik dibandingkan dengan memberikan harga murah atau diskon yang tersedia secara bebas di Koran dan situs publik lainnya.
Dengarkan pelangganÂ
Pelanggan akan merasa lebih terlibat dengan brand jika merasa pendapatnya didengarkan dan ditindaklanjuti. Anda mungkin berpikir bahwa Anda mengetahui apa yang diinginkan dan dikehendaki pelanggan dari sebuah program reward. Namun, sebaiknya Anda tetap melakukan kemunikasi dua arah dengan pelanggan.
Pastikan program menarik dan pertahankan
Hadiah dan bonus merupakan cara yang tepat untuk mendorong pelanggan untuk berbisnis dengan Anda dan terbukti menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Namun, setelah hadiah awal selesai ditawarkan,  elemen sekunder akan dibutuhkan untuk menambah elemen retensi atau hubungan.
Sebuah program  yang dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu dapat menghemat banyak waktu dan uang, dan memberikan hasil yang fantastis. Pelanggan akan terlibat dengan penuh loyalitas dalam skema reward ini jika disajikan dengan cara yang relevan dan menawarkan nilai nyata bagi mereka, dan skema yang tepat dapat menjadi instrumen dalam mengubah pembelian pertama pelanggan menjadi hubungan jangka panjang.