Marketing.co.id – Berita Marketing | Lion Parcel (PT Lion Express), sebuah perusahaan jasa ekspedisi ternama di Indonesia, pada tanggal 4 April 2023 lalu mengenalkan Chief Eksentrik Officer (CEO) baru yakni Denny Sumargo. Hal ini merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan kesadaran merek Lion Parcel di kalangan masyarakat Indonesia.
Dalam peran barunya sebagai CEO, Denny Sumargo akan aktif terlibat dalam pengembangan merek Lion Parcel secara menyeluruh dan mempromosikan program dan kampanye Lion Parcel melalui konten kreatif di media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas tetapi tetap relevan dengan pasar target Lion Parcel.
Pada acara Buka Bersama Lion Parcel tersebut, perusahaan ini menegaskan tekadnya untuk terus meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta mengakomodasi kebutuhan pengiriman barang yang meningkat pesat di bulan suci Ramadan. Dalam bulan Maret, terjadi peningkatan volume pengiriman sebesar 20% dibandingkan bulan sebelumnya, menunjukkan bahwa permintaan layanan pengiriman telah meningkat sejak awal bulan tersebut. Fenomena ini beriringan dengan momentum belanja online persiapan puasa hingga lebaran. Lion Parcel berkomitmen untuk merespons kebutuhan pelanggan dengan memberikan layanan pengiriman yang berkualitas dan memadai.
Dalam mengatasi lonjakan volume pengiriman ini, Lion Parcel pun menyiapkan infrastruktur dan jaringan, sistem operasional, serta teknologi agar dapat terus menjawab kebutuhan para pelanggan.
“Sejalan dengan komitmen perusahaan dalam memberikan layanan pengiriman yang aman dan tepercaya, persiapan yang matang pada ekosistem pengiriman kami dalam mengantisipasi lonjakan telah dilakukan. Hal ini mencakup kesiapsiagaan infrastruktur dan jaringan, hingga kesediaan lebih dari 7.000 agen Lion Parcel tersebar di seluruh Indonesia. Lebih dari 350 armada pesawat Lion Group dan 3.000 armada darat juga siap kami kerahkan untuk mengantarkan paket selama periode ini ke lebih dari 98% area di Indonesia dalam jangkauan kami,” ungkap Kenny Kwanto, Chief Marketing Officer Lion Parcel dalam acara Buka Bersama Lion Parcel.
Berbagai peningkatan layanan yang dilakukan antara lain adalah meningkatkan kesiapan agen, hub, dan gudang di seluruh wilayah Indonesia agar bisa melayani jumlah mobilisasi paket yang melonjak. Terkait jadwal lintas pengiriman barang, Lion Parcel juga mempererat koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang berpengaruh pada rantai distribusi, termasuk pemerintah seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, serta vendor dan mitra. Contingency plan juga disiapkan sebagai antisipasi apabila terdapat potensi keterlambatan pengiriman sehingga estimasi barang tiba di tujuan tetap bisa on time sesuai dengan SLA.
“Lion Parcel juga telah memperkuat jaringan core system, cloud data, dan juga aplikasi Lion Parcel untuk menampung volume permintaan pengiriman yang meningkat. Kami memanfaatkan safety limit yang akan memberi pemberitahuan apabila kapasitas cloud data yang kami gunakan sudah mencapai tingkat maksimal di tengah peak season seperti periode Ramadan & Lebaran, sehingga kami bisa segera meningkatkan kapasitas cloud yang terintegrasi dengan core system yang ada. Dengan demikian, Lion Parcel tetap bisa melayani kebutuhan pengiriman yang melonjak,” tambah Kenny.
Lion Parcel juga menghadirkan berbagai inovasi program bagi pelanggannya. Salah satunya adalah loyalty program lewat PARCEL POIN sebagai bentuk apresiasi Lion parcel kepada para pelanggan. PARCEL POIN dapat dikumpulkan oleh para pelanggan Lion Parcel di retail, marketplace, dan aplikasi. Penukaran poin ini dapat dilakukan lewat aplikasi Lion Parcel untuk mendapatkan potongan ongkos kirim pengiriman paket atau ditukar dengan berbagai e-voucher untuk belanja fashion, food & beverages, dan masih banyak lagi. Selain itu, Lion Parcel juga memperpanjang program diskon 20% untuk pengiriman di bawah 1kg sebagai salah satu usaha untuk terus menawarkan added-value dalam layanan kami kepada para pelanggan, terutama para seller dan UMKM yang melakukan pengiriman lewat agen Lion Parcel di seluruh Indonesia.
Berbagai inovasi program ini tentunya dihadirkan untuk memberikan added-value dan bentuk nyata apresiasi Lion Parcel kepada para pelanggan. Diharapkan dapat terus mendukung kebutuhan pengiriman masyarakat dan meningkatkan proses distribusi barang Tanah Air, serta mewujudkan target peningkatan volume pengiriman Lion Parcel hingga 45% pada akhir tahun 2023.