Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Lima Strategi Mengelola Pelanggan di Era Pandemi

Marketing.co.id – Berita Marketing I Disrupsi digital dan wabah pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar dalam dunia bisnis sehingga para pengelola produk dan merek harus melakukan adaptasi dan memiliki strategi baru agar bisnisnya tetap berkelanjutan. Pengelola produk dan merek pun ditantang untuk melakukan berbagai terobosan agar mampu memenuhi tuntutan pelanggan yang makin dinamis sekaligus untuk memenangkan persaingan bisnis.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, tidak sedikit para pengelola produk dan merek yang dipaksa memanfaatkan momentum ini untuk mempercepat proses transformasi digital. Dengan digitalisasi, proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien dari sebelumnya sehingga mereka mampu mengelola customer experience yang positif dan mencetak profit bisnis yang signifikan.

Prof. Agus W. Soehadi, Wakil Rektor 1 Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya mengatakan, dalam memberikan customer experience, maka ada lima dimensi yang harus diciptakan oleh setiap brand. Pertama, brand mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen. Kedua, pengalaman yang dihadirkan pun harus relevan dengan konsumen itu sendiri, tak hanya bentuk komunikasi yang jelas tapi juga dibuat customize. Ketiga, brand dapat membangun aktivitas yang tepat. Keempat, adalah bersifat sosial sehingga mampu mengkoneksikan konsumen dengn komunitas. Terakhir, sejauhmana brand dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara efisien.

“Misal, pada OVO. Dimana, perusahaan tersebut membangun inovasi yang bisa menghadirkan engagement konsumen – baik melalui fitur ataupun menghubungkan konsumen dengan lainnya. Ada juga seperti Antam, dimana perusahaan tersebut gencar mengedukasi konsumen terkait investasi emas – khususnya di masa pandemi ini. Terlebih, Antam juga menyediakan website sehingga memberikan kemudahan akses bagi konsumen, baik ketika membeli maupun menjual,” papar Prof. Agus.

Selain menghadirkan pembicara Prof. Agus W. Soehadi acara yang bertajuk “New Strategies in Managing Customer Experience: How to Respond Digital Disruption and Pandemic Challenge”, ini juga menghadirkan para pembicara yakni Caroline Setiabudi (Head of Product Marketing OVO), dan Iwan Dahlan (VP Presious Metal Sales & Marketing PT Antam Tbk UBPP Logam Mulia) dalam sesi pertama webinar ini. Sedangkan pada sesi kedua webinar menghadirkan para panelis Kris R. Adidarma (CEO PT Propan Raya dan Ketua Asosiasi Produsen Cat Indonesia/APCI), Cindyanto Kristian (Presiden Direktur PT Sewu Segar Nusantara), dan Elga Yulwandri (CEO Ivosight).

Acara ini diselenggarakan untuk memberikan inspirasi dan sharing knowledge dari para pakar dan pimpinan perusahaan dalam mengelola perusahaan mereka untuk menghadapi tantangan digitalisasi dan pandemi. responden diminta menilai merek-merek yang pernah mereka gunakan berdasarkan 4 variabel di atas dalam skala 1-10. Dari survei yang dilakukan dengan metode kombinasi antara face to face interview dan telesurvey ini berhasil menjaring 316 merek dari 110 kategori produk.

Adapun para pembicara yang hadir, rata-rata telah mengusung strategi baru dan terus berinovasi sehingga mampu beradaptasi dengan kondisi pasar yang semakin kompleks di tengah tantangan disrupsi digital dan hantaman pandemi Covid-19 yang saat ini tengah terjadi. Selain itu, perusahaan tersebut pun mampu menerapkan strategi digital marketing dan dapat tumbuh baik meski dalam kondisi yang menantang saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top