Libur Akhir Tahun, Destinasi Domestik Tetap Jadi Incaran Wisatawan Lokal

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Liburan akhir tahun merupakan salah satu momen paling dinantikan Masyarakat Indonesia. Tak heran jika proses persiapan liburan juga dilakukan dari jauh-jauh hari.

Berbagai pilihan destinasi dan akomodasi, baik local maupun internasional, pun kerap melakukan pendekatan untuk memberikan layanan dan pengalaman berlibur terbaik bagi para wisatawan.

Untuk melihat bagaimana perilaku wisatawan Indonesia merencanakan liburan akhir tahun ini, Populix mengeluarkan laporan tahunan yang berjudul “End of Year Vacation Plan Report 2023”.

Dari hasil studi terlihat bahwa pada 2023, 67% masyarakat Indonesia telah berencana untuk perjalanan liburan akhir tahun. Antusiasme responden terhadap destinasi dalam negeri masih tinggi dengan Bali (28%), Yogyakarta (28%), dan Bandung (26%) tetap menjadi kota favorit untuk berwisata.

Sementara itu, Jepang (22%) menduduki destinasi mancanegara yang paling banyak diincar wisatawan Indonesia, disusul Singapura (18%), Korea Selatan (14%), Malaysia (11%) dan Thailand (10%).

Responden sudah merencanakan untuk pergi berlibur di minggu ketiga Desember, tetapi mayoritasnya (41%) akan pergi di minggu keempat Desember. Untuk perjalanan liburan ini, 48% responden akan berlibur sekitar 4 hari hingga seminggu, sementara 31% berencana melakukan perjalanan yang lebih singkat sekitar 1 hingga 3 hari.

Untuk perjalanan akhir tahun ini, pesawat terbang (39%) menjadi pilihan moda transportasi mayoritas responden, diikuti dengan mobil pribadi (32), kereta api (23%), motor pribadi (22%), serta berbagai moda transportasi lainnya.

Secara rata-rata, responden memiliki anggaran sekitar Rp 5 juta untuk berlibur. Hal ini mencerminkan masyarakat Indonesia yang semakin bijak dalam menyusun perencanaan anggaran liburan mereka. Laporan juga mengungkap bahwa masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk menghabiskan momentum akhir tahun dengan saudara, kerabat, atau pasangan.

Di sisi lain, keterbatasan anggaran menjadi tantangan signifikan bagi 16% responden yang tidak memiliki rencana perjalanan liburan akhir tahun. Meskipun demikian, mereka tetap memiliki rencana untuk menghabiskan momentum akhir tahun mereka sebaik mungkin, seperti menjelajahi wisata lokal (28%), mengadakan pesta perayaan akhir tahun di rumah (28%), pergi kuliner (16%), beribadah di rumah (12%), mengunjungi pelayanan ibadah di tempat umum (8%), staycation (8%), atau sekedar menikmati waktu berkualitas di rumah saja (18%). Sementara itu, ada 24% responden yang berencana untuk bekerja seperti biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.