Marketing.co.id — Berita Lifestyle | PT LG Electronics Indonesia (LG) resmi meluncurkan kampanye “Better Life When We Recycle”. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang permasalahan fabric waste atau limbah tekstil, yang semakin menjadi tantangan lingkungan. Kampanye ini mengajak masyarakat untuk mengumpulkan pakaian yang sudah tidak terpakai untuk didaur ulang. Kampanye ini direncanakan berlangsung selama satu bulan penuh.
“Tumbuh bersama gaya hidup modern, fabric waste yang tidak dapat terdekomposisi dengan baik seringkali terabaikan dan menjadi tantangan besar bagi lingkungan kita,” ujar Ha Sang-chul, President of LG Electronics Indonesia. Ia menjelaskan bahwa kampanye ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pengelolaan limbah tekstil di Indonesia.
Kampanye “Better Life When We Recycle” ini bukanlah kali pertama LG menjalankan inisiatif lingkungan. Sebelumnya, perusahaan juga telah meluncurkan kampanye besar “Better Life for All” yang berfokus pada pengelolaan limbah makanan. Kampanye ini merupakan bagian dari inisiatif sosial LG yang lebih luas, yakni LG Loves Indonesia, yang mencakup berbagai pilar seperti LG Loves Green untuk isu lingkungan, LG Loves and Cares untuk kegiatan sosial dan penanggulangan bencana, LG Loves School untuk pendidikan, serta LG Loves Children yang berfokus pada kesejahteraan anak-anak.
Menurut Ha Sang-chul, semangat perusahaan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan selaras dengan filosofi LG, yakni “Life’s Good.” “Kami percaya kehidupan itu baik, namun untuk menikmatinya, kita perlu menjaganya. Melalui kampanye ini, kami ingin mengajak semakin banyak orang untuk bersama-sama menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi semua,” ujar Ha.
Sebagai bagian dari kampanye ini, LG telah menyediakan empat lokasi drop box untuk pengumpulan pakaian dari masyarakat. Lokasi tersebut meliputi LG Service Center di Surabaya, Semarang, dan Jakarta, serta Kantor Pusat Marketing LG di Jakarta. LG juga menetapkan jenis pakaian yang dapat diterima dalam program ini, yaitu yang berbahan katun dan bukan polyester, seperti kemeja, celana, seragam, kaos, sprei, jeans, rok, dan potongan kain.
Untuk menarik minat masyarakat berpartisipasi, LG menawarkan apresiasi berupa potongan diskon untuk pembelian produk LG melalui situs resmi lg.com/id, tanpa memperhitungkan jumlah pakaian yang disumbangkan.
Ha Sang-chul juga mengungkapkan, bahwa LG bekerja sama dengan EcoTouch, perusahaan daur ulang terkemuka di Indonesia, untuk mengelola proses daur ulang pakaian yang terkumpul. Pakaian yang terkumpul akan diubah menjadi material insulasi ramah lingkungan dan bahkan tempat pensil. Lebih dari itu, material insulasi ini akan dimanfaatkan untuk merenovasi perpustakaan ramah anak yang berada di daerah dengan tingkat literasi rendah.
Jay Jang, Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia, menjelaskan, “Kerjasama LG dengan Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI) tidak hanya mencakup renovasi perpustakaan, tetapi juga peningkatan ketersediaan buku dan perlengkapan sekolah anak-anak. Selain menyadarkan masyarakat tentang pengelolaan limbah tekstil, kami juga berupaya memberikan kontribusi pada peningkatan literasi anak-anak Indonesia.”