Marketing.co.id – Berita Marketing | LG Electronics (LG) mengukuhkan kehadirannya di Indonesia dengan mengintensifkan operasi Pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Cibitung. Fasilitas yang beroperasi sejak tahun lalu, tidak hanya memperkuat infrastruktur LG di Indonesia tetapi juga menjadi pusat vital untuk pengembangan inovasi produk, khususnya dalam segmen TV untuk pasar global.
Lee Soyeoun, Presiden LGE R&D Lab Indonesia, mengatakan, “R&D ini memperkuat positioning LG sebagai perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap Indonesia melalui penyediaan produk berkualitas tinggi, mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi melalui penyediaan lapangan kerja dan transfer pengetahuan serta inovasi.”
Pusat R&D LG di Indonesia, dengan luas 40.000 meter persegi, dia menambahkan, dirancang untuk memfasilitasi pengembangan produk dari tahap konseptual hingga uji coba dan produksi. Selain itu, fasilitas ini berperan penting dalam memastikan produk LG memenuhi standar ketahanan dan kualitas yang tinggi, termasuk uji coba terhadap kelembapan, panas, getaran, dan kekuatan pada produk dalam kemasan.
Lee menambahkan, “Harapan kami ke depan, LG R&D di Indonesia bisa terus memberikan kontribusi yang lebih besar, tidak hanya bagi LG tetapi juga bagi masyarakat Indonesia.”
Sebagai bagian dari komitmennya terhadap pengembangan sumber daya manusia lokal, LG telah mengirim 100 tenaga kerja Indonesia untuk dilatih di Korea. Mereka diberikan pelatihan mendalam untuk memastikan bahwa keterampilan yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan operasional dan teknis di R&D Indonesia.
Departemen teknis dan DQA (Development Quality Assurance) di R&D Indonesia dipimpin oleh para pemimpin tim lokal, menunjukkan komitmen LG untuk mengintegrasikan bakat-bakat lokal dalam struktur manajemen perusahaan.
LG R&D Indonesia juga aktif dalam membangun sistem manajemen bangunan (BMS) untuk efisiensi energi. Sistem ini memungkinkan monitoring dan pengendalian yang lebih baik terhadap penggunaan energi pada berbagai aspek seperti pendingin udara, ventilasi, dan pemakaian air industri, yang semuanya berkontribusi pada pengurangan dampak lingkungan.
Selain itu, fokus pada inovasi ramah lingkungan tercermin pada produk-produk seperti TV LG OLED G4, yang menggunakan 60% lebih sedikit plastik dibandingkan TV konvensional dan telah memperoleh sertifikasi Ramah Lingkungan selama empat tahun berturut-turut.
LG R&D Indonesia tidak hanya menargetkan efisiensi operasional dan inovasi produk, tetapi juga mengambil peran aktif dalam program ESG (Environmental, Social, and Governance) melalui inisiatif LG LOVES Indonesia. Program ini mencakup berbagai aspek seperti perlindungan lingkungan, pendidikan, dukungan sosial, dan perhatian khusus pada perkembangan anak-anak.
“Dengan moto Life’s Good, LG berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia dan global,” ungkap Lee Soyeoun.