Lewat SPEKTA 2024, Mitra Bukalapak dan Jalin Perkuat Transformasi Digital UMKM

0
SPEKTA 2024
SPEKTA 2024
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), sebagai bagian dari Holding BUMN Danareksa, bersama Mitra Bukalapak memperkuat sinergi melalui acara Spesial Kumpul Juwara Akhir Tahun (SPEKTA). Acara tahunan dari Mitra Bukalapak kali ini bertujuan untuk mendukung pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sekaligus menjadi momen edukasi untuk memperkuat akseptasi sistem pembayaran digital, seperti QRIS.

SPEKTA juga menghadirkan secara hybrid komunitas Juwara Mitra Bukalapak yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan warung, kios tradisional, dan agen individu agar tetap kompetitif dalam mempercepat transformasi digital UMKM melalui model bisnis O2O (online to offline).

Baca jugaDekati Gen Z, Carolina Watch Beri Pengalaman Belanja O2O

UMKM memiliki peran vital dalam perekonomian nasional, berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB dan menyerap 97% tenaga kerja Indonesia. Namun, tantangan transformasi digital masih menjadi kendala yang harus dihadapi agar UMKM dapat tetap kompetitif di tengah perubahan ekonomi modern. Untuk menjawab tantangan ini, kolaborasi lintas sektor dengan dukungan ekosistem terintegrasi menjadi sangat penting agar tetap kompetitif dalam era perdagangan digital.

SPEKTA 2024
SPEKTA 2024

Sebagai kelanjutan dari kemitraan strategis dengan VJI, bagian dari ekosistem Bukalapak, Jalin berperan mendukung transformasi digital UMKM melalui penyediaan teknologi pemrosesan pembayaran (switching). Dukungan ini memungkinkan ekosistem Bukalapak untuk menghadirkan solusi pembayaran digital seperti QRIS kepada para mitranya, yang memberikan berbagai manfaat seperti efisiensi transaksi, transparansi, dan akses pasar yang lebih luas agar para pelaku UMKM dapat dengan mudah mengembangkan bisnis di kemudian hari.

Berdasarkan data Bank Indonesia hingga November 2024, QRIS telah mencatatkan 689,07 juta transaksi, dengan 55,02 juta pengguna dan 35,1 juta merchant. Angka ini mencerminkan potensi besar yang dapat terus dimanfaatkan untuk mempercepat digitalisasi UMKM.

Baca jugaTutup Tahun 2024, Grab Salurkan 1 Juta Dolar untuk Lebih Dari 33.000 Pelaku Sektor Transportasi dan UMKM

“Dengan dukungan Jalin, kami dapat memperluas akses terhadap teknologi pembayaran seperti QRIS, yang telah terbukti meningkatkan efisiensi dan membuka peluang baru bagi UMKM untuk berkembang,” tutur Bima Tjahja, Wakil Direktur Bukalapak

Direktur Komersial Jalin, Eko Dedi Rukminto, menegaskan bahwa sebagai bagian dari penyedia infrastruktur sistem pembayaran nasional, Jalin berkomitmen mendukung ekosistem Mitra Bukalapak untuk menghadirkan solusi pembayaran digital seperti QRIS kepada pelaku UMKM.

“Kami percaya bahwa transformasi digital melalui ekosistem yang kuat dapat membantu UMKM meningkatkan daya saing, efisiensi, serta akses terhadap layanan keuangan yang lebih inklusif,” ujar Eko.