Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Lelah Bersaing? Ciptakan Pasar Sendiri

blue ocean strategyJika Anda sudah lelah mencoba mengalahkan pesaing dalam permainan mereka sendiri, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mencoba strategi baru: menciptakan pasar sendiri.

Tidak mudah merayap di belakang kompetisi, apalagi secara online. Di mana banyak teknologi gratis dan open source memungkinkan Anda “kloning” hampir setiap jenis website dan biasanya cukup cepat.

Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda memerlukan modal besar untuk menciptakan bisnis yang meniru pesaing yang layak untuk mencuri pasar mereka.

Bagaimana Anda mengikuti persaingan tanpa henti dan bersaing secara serius di pasar yang sangat agresif seperti sekarang ini? Ini adalah pertanyaan  umum pemilik bisnis kecil.

Tapi ada cara lain, ketimbang Anda meniru-niru fitur pesaing, cobalah mengambil jalan lain untuk mengatasi pesaing Anda: membuat mereka tidak relevan lagi.

Blue ocean strategy

Bisnis yang cerdas telah mampu menghindari persaingan yang terus meningkat dengan menciptakan pasar baru mereka sendiri. Konsep ini telah di populerkan oleh W Chan Kim dan Renee Maugorgne dalam bukunya Blue Ocean Strategy: How to Create Uncontested Market Space and Make Competition Irrelevant.

Daripada bersaing dengan fitur dengan margin kecil di pasar yang ramai namun kejam (alias red ocean), buku ini mengungkapkan bagaimana merek bisa menciptakan pasar baru tanpa persaingan (alias blue ocean).

Menciptakan blue ocean sendiri

Perusahaan blue ocean dapat menghindari persaingan mereka  karena ada harfiah ada persaingan. Tetapi untuk sampai ke sana, Anda harus bersedia mengambil tindakan yang cukup drastis. Berikut empat contoh yang mungkin harus Anda lakukan untuk berenang dan bertahan di samudera biru:

Bersedia menghentikan fitur

Anda harus memutuskan untuk tidak menggunakan harga tinggi pada produk. Selain itu, Anda juga harus melawan godaan berkompetisi secara head-to-head dengan para pesaing melalui fitur. Yang harus Anda lakukan adalah bagaimana Anda dapat menyederhanakan produk untuk menurunkan biaya?

 Tambahkan fitur yang berbeda

Dengan menambahkan fitur yang berbeda pada setiap produk atau jasa yang Anda tawarkan berarti Anda sedang mengganti produk Anda menjadi sesuatu yang belum terlihat sebelumnya.

Menantang anggapan

 Pasar baru terus bermunculan dan tantang asumsi yang mengakar tentang bisnis. Ambil salah satu industri tertua di bumi ini: industri perbankan adalah salah satunya. Industri ini telah membalikkan asumsi dengan membuktikan bahwa orang bersedia melupakan bank dengan lokasi fisik dalam penukaran untuk online banking experience yang unggul.

Mengubah ruang lingkup pasar

Menciptakan blue ocean sendiri sering kali kali bertujuan untuk membuat demografi yang berbeda. Mungkin menjadi lebih kecil, tetapi demografi akan lebih fokus. Facebook melakukan hal ini dengan memulai dari perguruan tinggi Ivy League dan hanya mengijinkan mahasiswa untuk bergabung.

Sudah waktunya untuk melihat secara objektif perusahaan Anda dalam persaingan saat ini. Apa yang tidak ditawarkan? Apa yang saat ini sedang ditawarkan? Ada banyak peluang di luar sana bagi perusahaan yang benar menjawab dan diikuti dengan tindakan atas pertanyaan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top