Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Lazada Siap Dukung Bisnis UMKM Jalani Transformasi Digital

Bantuan untuk beralih dari offline-to-online (O2O) yang efektif, dukungan komunitas UMKM dan pelatihan cara memanfaatkan data dibutuhkan UMKM di Indonesia untuk bertumbuh

Marketing.co.id – Berita UMKM | Transformasi digital kini menjadi sebuah proses yang pasti terjadi, termasuk transformasi ekonomi nasional dimana nilai ekonomi digital Indonesia pada 2025 diperkirakan mencapai USD124 miliar.

eCommerce menjadi sektor penopang terbesar pertumbuhan ekonomi digital tersebut,  dengan perkiraan nilai sebesar USD83 miliar pada tahun 2025. Secara umum, meningkatnya pemanfaatan beragam inovasi dan produk digital oleh masyarakat, baik untuk berbelanja, bekerja atau pun untuk belajar secara daring, merupakan faktor pendorong transformasi digital yang sangat kuat.

Baca Juga: Digitalisasi Asean untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Dengan demikian, peran eCommerce di era pandemi COVID-19 juga semakin penting, terutama dalam membantu pemulihan ekonomi nasional pada umumnya, dan mendukung kelangsungan usaha UMKM pada khususnya.

Studi “Percepatan Ekonomi Digital Indonesia melalui eCommerce” yang dilakukan Lazada Indonesia mengungkapkan pentingnya peran eCommerce dalam mendukung sektor bisnis – baik perusahaan besar maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)- menjalani transformasi digital dan mempercepat terbentuknya struktur ekosistem ekonomi digital yang mumpuni di Indonesia.

Baca Juga: Digitalisasi Membuat Hidup Semakin Mudah

Studi yang dilaksanakan bersama YCP Solidiance ini juga mengungkapkan adanya fondasi pertumbuhan (building blocks) yang berbeda antara perusahaan besar dan UMKM untuk bisa bertumbuh secara optimal di ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

Menanggapi pentingnya peran eCommerce dalam mempercepat digitalisasi baik bagi perusahaan maupun UMKM, Monika Rudijono, CMO Lazada Indonesia menjelaskan, visi Lazada adalah mempercepat kemajuan ekonomi di Asia Tenggara melalui commerce dan teknologi. Oleh sebab itu, melalui studi ini Lazada ingin lebih memahami perjalanan dan building blocks dari perusahaan besar  dan UMKM dalam transformasi menuju ekonomi digital, serta bagaimana Lazada sebagai platform eCommerce dapat mendukung kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Digitalisasi Penyelamat UMKM di Tengah Pandemi

“Dengan dukungan teknologi yang kami miliki, pemberdayaan data, serta solusi logistik yang holistik, kami siap jalankan misi dukung pemerintah Indonesia memberdayakan bisnis dan individu dalam menjalankan transformasi digital untuk bisa maju bersama dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia,” ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga melihat sudah terjadi banyak perubahan di aktivitas masyarakat sepanjang 2020. Pertumbuhan penggunaan eCommerce beberapa tahun belakangan sebenarnya cukup menggembirakan, namun pandemi memang memberi dampak sangat besar pada industri ini.

Baca Juga: Kesenjangan Digitalisasi Pada Bisnis di Indonesia

“Aktivitas belanja online langsung naik signifikan, belum lagi para pelaku usaha yang juga shifting ke digital. Dengan arah kebijakan dan pelaksanaan yang tepat, eCommerce memegang peranan penting dalam mendorong pelaku UMKM berkembang. Kami pikir, eCommerce dan pelaku UMKM merupakan satu kesatuan yang sulit dipisahkan,” ujarnya.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top