Layanan Data Naik, SMS dan Voice Anjlok

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno| Kebutuhan masyarakat akan layanan data meningkat di momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI). Pada momen RAFI tahun ini Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB). Angka ini tumbuh 21 persen dibanding momen yang sama tahun sebelumnya, atau bertumbuh 9 persen dibanding hari biasa.

Sebaliknya penurunan terjadi di layanan layanan SMS dan panggilan suara (voice). Telkomsel mencatat penurunan sebesar 31 persen di kedua layanan tersebut dibandingkan momen RAFI tahun sebelumnya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa. Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen.

Baca juga: Libur Nataru, XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Data Sebesar 38%

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%) dan Facebook (naik 1%).

RAFI 2022
Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nam memastikan infrastruktur serta layanan yang dimiliki Telkomsel sudah optimal selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1443 H yang dimaknai sebagai momentum #SambungkanSenyuman dengan memberikan nilai tambah bagi pelanggan untuk menjaga optimisme dalam berbagi kebaikan melalui pemanfaatan akses konektivitas serta layanan digital.

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) naik sekira 43 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 34 persen, Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) sebesar 50 persen, wilayah Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik sekira 28 persen, dan wilayah Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 42 persen.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Layanan Data, 3 Indonesia Modernisasi Data Center

“Kami merasa sangat bersyukur dapat kembali mengoptimalkan seluruh aset ekosistem perusahaan yang dimiliki untuk memberikan pengalaman aktivitas digital terbaik bagi seluruh pelanggan dengan baik selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Telkomsel juga berharap, momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini dapat menjadi momentum kebangkitan bagi seluruh bangsa Indonesia seiring dengan semakin cepatnya adopsi kebiasaan baru selama pandemi COVID-19,” kata Saki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.