Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Layanan CDN Limelight Networks Tingkatkan Pengalaman Pengguna

Marketing – Maraknya persaingan bisnis di ranah digital, tak ayal menjadikan layanan content delivery network (CDN) menjadi kebutuhan utama. Dimana, layanan CDN sendiri memang kerap digunakan oleh perusahaan dengan tujuan memberikan kecepatan bagi pengunjung dalam mengakses – baik website, gaming, bahkan streaming. Selain membantu memberikan kecepatan ke pengunjung, layanan ini pun dinilai efektif karena umumnya server lebih dekat secara geografis ke pengunjung, sehingga tak mengakibatkan padatnya trafik ke server utama.

Inilah yang mendorong Limelight Networks untuk merangsek masuk ke pasar Indonesia. Dalam hal ini, Jaheer Abbas, Senior Director, SEA and India for Limelight Networks mengungkapkan, bahwa perusahaan yang berdiri sejak tahun 2001 ini membantu mendistribusikan konten para klien ke Indonesia. Maklum saja, berdasarkan data yang diungkapkan Limelight Networks, sebagian besar akses pengunjung datang dari Indonesia.

“Limelight Networks sendiri memiliki empat layanan utama, yakni on demand and live video; software, gaming, and digital media; web content; dan IoT. Kami melihat, Indonesia sendiri merupakan pasar yang potensial bagi perusahaan gaming. Ini bisa dilihat dari banyaknya pengakses berasal dari Indonesia, selain China dan India,” papar dia pada sesi diskusi “Lessons from the Real World” di Jakarta.

Dia menambahkan, sebagian besar perusahaan yang memanfaatkan layanan CDN antara lain bergerak di bidang OTT, media broadcast, e-commerce, hingga perusahaan game. Misal, BBC, Disney, AmazonePrime, Pokemon, Ubisoft, Microsoft, Samsung, Nexus, Jeju Air, Cebu Pacific, Rakuten VIKI, dan lainnya. Umumnya, lanjut Jaheer, perusahaan-perusahaan tersebut memang sudah mengenal sepak terjang Limelight Networks.

“Adapun benefit yang bisa diperoleh, salah satunya adalah customer experience. Dimana, end-users mendapatkan konten yang diinginkan secara cepat dan dengan kualitas yang baik, dimana pun mereka berada. Artinya, adanya kepuasan tersebut dapat berdampak pada revenue bagi perusahaan maupun terbentuknya customer loyalty” papar dia.

Selain itu, dengan adanya internet service provider (ISP) milik Limelight Networks yang lebih dari 900 jaringan, tentunya menjadi kekuatan tersendiri. Diharapkan, unique selling point tersebut mampu mendorong perusahaan untuk mengatasi tantangan dalam mendistribusikan segala macam bentuk konten kepada end-users. “Dengan adanya trafik di Indonesia, tak menutup kemungkinan kami akan membangun data center di Indonesia,” kata dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top