Langkah Demi Langkah untuk Membangun Usaha (Bag.2)

Marketing.co.id- Dalam langkah demi langkah membangun usaha bagian ke-2 ini, adalah kelanjutan dari bagian pertama yang sudah membahas langkahnya sampai poin ke lima.

Kira-kira poin apa saja yang dibutuhkan para pemula dalam membangun kerajaan bisnisnya? Mari kita bahas bersama mengenai 5 poin lanjutan yang perlu diperhatikan para pemula dalam membangun sebuah usaha yang dilansir dari bisnis ukm

6. Menyusun strategi pemasaran.
Poin keenam yaitu mempersiapkan strategi pemasaran secara matang. Baik dalam hal pengontrolan kualitas produk, menentukan harga jual produk, merancang kegiatan promosi yang efektif, hingga mempersiapkan tenaga pemasar yang cukup handal untuk mendongkrak penjualan produk. Contohnya saja seperti pelaku bisnis makanan ringan (camilan) yang memanfaatkan strategi pemasaran konsinyasi (titip jual) dan menawarkan sistem keagenan untuk meningkatkan omset penjualannya, menentukan harga jual yang cukup bersaing untuk memenangkan persaingan pasar, menggunakan kemasan produk yang menarik untuk memancing rasa penasaran konsumen, serta mencantumkan merek produk agar konsumen mudah mengenali produk camilan yang mereka pasarkan.

7. Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan.
Setelah strategi pemasaran telah direncanakan secara matang, kini giliran Anda untuk mempersiapkan segala macam peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah usaha. Mulai dari peralatan dan perlengkapan produksi, alat bantu pemasaran, aksesoris pendukung, dan lain sebagainya. Pastikan semua peralatan yang dibutuhan dalam membangun bisnis telah benar-benar disiapkan, dan periksa kembali kelengkapannya sebelum Anda masuk ke proses produksi.

8. Mempersiapkan SDM (karyawan).
Poin yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membantu Anda dalam mengembangkan sebuah usaha. Lakukan perekrutan karyawan dengan sistem tes dan wawancara agar Anda tidak salah memilih calon karyawan. Selanjutnya, Anda bisa memberikan pelatihan dan training khusus selama beberapa hari untuk meningkatkan ilmu dan kemampuan para karyawan, sehingga mereka siap diterjunkan ke lapangan dan bersama-sama dengan Anda mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

9. Evaluasi semua pekerjaan
Sebelum masuk ke tahap akhir, sebaiknya lakukan evaluasi mengenai beberapa pekerjaan yang telah diselesaikan sebelumnya. Misalnya saja seperti memeriksa kembali masalah lokasi usaha, memastikan proses perizinan usaha telah disyahkan dan diterbitkan, standar operasional prosedur benar-benar sudah matang, persiapan peralatan sudah lengkap, calon SDM cukup berkompeten dibidangnya, persediaan bahan baku cukup memadai, dan lain sebagainya.

10. Persiapan tahap akhir
Terakhir, bila semua persiapan sudah matang. Anda bisa langsung menjalankan proses produksi dan menentukan waktu yang tepat untuk mendisplay tempat usaha, kemudian dilanjutkan dengan melaunching dan meresmikan bisnis yang sedang Anda tekuni.

Dengan mempersiapkan semua langkah secara matang, diharapkan para pemula maupun pelaku usaha bisa membangun kerajaan bisnis yang kuat dan menghasilkan produk unggulan yang berdaya saing tinggi dipasaran lokal (nasional) maupun internasional. (Hernawan)

 

 

2 COMMENTS

  1. Bagus sekali artikelnya, mudah2an banyak yang bisa belajar, meskipun masih banyak yang merasa takut kalau bertemu yang namanya “strategi pemasaran”…selalu merasa takut tidak berhasil. Seharusnya dicoba dulu, kemudian dievaluasi sambil berjalan sampai berhasil.
    Buat kawan-kawan lain yang butuh inspirasi usaha kecil yang lain, kunjungi:
    http://riza.web.id/
    Semoga berguna. Terima kasih. Salam hangat. (riza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.