Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

Pasar Properti Tunjukkan Tren Positif, Ini 5 Kota Incaran Pencari Properti

Dibandingkan dua tahun sebelumnya, permintaan terhadap apartemen tumbuh lebih dari 140 persen di awal tahun. Selain itu, ada lima kota yang jadi incaran utama para pencari properti menurut data Lamudi pada akhir kuartal pertama 2021.

Marketing.co.id – Berita Properti | Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang properti, Lamudi.co.id, merilis informasi tentang pertumbuhan pasar properti di Indonesia. Informasi tersebut berdasarkan data yang dihimpun hingga akhir kuartal pertama 2021.

Ada beberapa hal menarik terkait tren di pasar properti Tanah Air yang disoroti di antaranya tentang ketertarikan milenial dalam mencari tempat tinggal, peningkatan permintaan terhadap apartemen, serta kota-kota yang menjadi incaran banyak para pencari properti.

“Kami melihat adanya tren positif di pasar properti Indonesia. Berdasarkan data kami pada akhir kuartal pertama 2021, terjadi peningkatan permintaan terhadap apartemen sebesar lebih dari 140% pada awal tahun 2021, dibandingkan dengan awal 2019,” ungkap Managing Director Lamudi.co.id, Mart Polman.

Meski demikian, lebih dari 70% milenial dengan rentang usia 25 hingga 41 tahun lebih tertarik mencari rumah ketimbang apartemen sebagai tempat tinggal. Sementara itu, ada lima kota yang menjadi favorit para pencari properti. “Kota-kota yang paling banyak diincar sebagai tempat tinggal adalah Bekasi, Bogor, Tangerang, Jakarta Selatan, dan Bandung,” ujar Mart.

Ka-ki – Mart Polman, Anne Hermans, Yoga Priyautama

Tren positif di pasar properti Indonesia menumbuhkan semangat dan optimism Lamudi. Hal ini menjadi salah satu alasan perusahaan mengambil langkah strategis untuk pindah ke rumah baru di Capital Place Jakarta, yang memiliki kapasitas empat kali lebih besar dari kantor sebelumnya yang berlokasi di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta.

Menurut Mart, rumah baru ini untuk mengimbangi pertumbuhan tim serta memfasilitasi target perusahaan untuk terus berkembang dan memperkuat posisinya di industri teknologi properti. Peresmiannya dilakukan bersamaan dengan perayaan ulang tahun Lamudi yang ketujuh. Di Capital Place Jakarta, Lamudi menempati lantai 43, 50, dan 51 dengan total kapasitas sebanyak 450 orang.

“Kantor baru ini menjadi penanda keyakinan perusahaan akan potensi pertumbuhan di tahun-tahun yang akan datang,” kata Mart. Ia memaparkan bahwa tahun 2020 sangat menantang, tapi tim berhasil melaluinya tanpa ada pemutusan hubungan kerja, dan bahkan bertumbuh sebanyak 50%. Pada Mei 2020, Lamudi juga resmi bergabung dengan Emerging Markets Property Group.

“Dengan dukungan pengalaman, teknologi, serta pendanaan dari mereka, kami yakin dapat tumbuh lebih pesat lagi. Tahun ini kami fokus mengembangkan Lamudi menjadi lebih besar lagi dan mencari talenta-talenta terbaik untuk bergabung dengan kami. Karena itulah kami butuh rumah yang lebih besar,” lanjut Mart.

Selama pandemi, Lamudi belum beroperasi penuh di kantor dan menerapkan skema kerja dari rumah untuk sebagian besar karyawan. Hanya 30% dari tim bekerja dari kantor, atau setara dengan 20% kapasitas kantor baru. Hal ini dinilai dapat membantu karyawan untuk menjaga jarak dan menaati protokol kesehatan.

Mart berharap, kantor baru ini juga dapat menggairahkan semangat para karyawan dan memberi sinyal positif akan pertumbuhan perusahaan kepada setiap pihak, termasuk pencari properti, pengembang, agen real estat, dan pemilik properti. “Ini adalah tonggak sejarah baru bagi Lamudi dan kami siap membawa gebrakan lainnya untuk dapat melayani dengan lebih baik lagi semua pihak dalam proses pencarian, pembelian, maupun penjualan properti,” tutup Mart.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top