Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Laboratorium IoT Yang Instagramable? XL Axiata Punya

Marketing – Saat ini dunia sudah tidak terlepas dari yang namanya Internet of Things (IoT) dan Indonesia di masa mendatang secara bisnis, memiliki potensi yang besar akan hal itu. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) baru-baru ini meresmikan sebuah laboratorium dimana menjadi tempat semua pemangku kepentingan (stakeholders) bertemu dan bersama-sama mengembangkan ekosistem IoT mulai dari ide sampai implementasi bisnis. Menghilangkan kesan kaku, laboratorium IoT XL-Axiata yang dibuat bernuansa “instagramable” tersebut dinamakan X-Camp, berlokasi di XL Axiata Tower, Kuningan, Jakarta.

Suasana ruang X-Camp XL Axiata, Laboratorium IoT, terlengkap dan satu-satunya yang tergabung dalam GSMA Lab Alliance di kawasan Asia Tenggara. Foto: Majalah MARKETING/LL.

“X-Camp ini didirikan karena skenario bisnis IoT di masa depan yang unik, sehingga memerlukan adanya product customization. Keunikannya didasarkan oleh besarnya kebutuhan akan solusi yang berbeda dari satu industri dengan industri lain. Seperti misalnya peternak sapi yang menginginkan adanya sebuah solusi aplikasi seberapa sehat sapi yang ada dipeternakannya atau berapa banyak susu murni yang bisa dihasilkan hanya dengan satu sentuhan jari di genggaman. X-Camp adalah IoT Innovation Lab terlengkap yang dimiliki oleh operator telekomunikasi di Indonesia dan kami bangga bisa berperan aktif,” ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata saat ditemui di XL Axiata Tower, Jakarta (03/01).

Mengusung konsep IoT Open Lab, fasilitas lengkap yang dimiliki oleh X-Camp menjadikan sebagai satu-satunya Lab IoT yang tergabung dalam GSMA Lab Alliance di Kawasan Asia Tenggara. Bekerjasama dengan beberapa kampus terkemuka seperti UGM, Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Semarang dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, ke depannya akan menyusul kampus-kampus lain sebagai bagian program X-Camp Lab Alliance.

XL Axiata mendukung pemerintah mewujudkan inisiatif Making Indonesia 4.0 sehingga secara pro-aktif menjaring ide-ide yang muncul dan merealisasikannya menjadi IoT Solution. Fasilitas yang bisa ditemui di X-Camp adalah ruang kerja yang dapat digunakan oleh maker  atau developer untuk membuat serta mengembangkan prototype dalam skala produksi kecil. Kemudian ada ruangan berbentuk amphi-theater bernuansa ceria yang memungkinkan para praktisi dibidangnya berbagi pengalaman, ide serta pembelajaran kepada para maker serta developer pemula dengan santai. X-Camp bisa diakses dengan melakukan perjanjian sebelumnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top