Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Laba CIMB Niaga Syariah Tumbuh 35% di Semester I 2021

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) membukukan perolehan laba sebesar Rp851 miliar pada semester pertama tahun 2021, naik 35% secara Year-on-Year (Y-o-Y). Pertumbuhan laba tersebut utamanya dikontribusi oleh penyaluran pembiayaan sebesar Rp33,1 triliun, yang diantaranya berasal dari segmen Consumer Banking seperti mortgage, auto, dan personal financing.

Adapun dari sisi pendanaan, per 30 Juni 2021, CIMB Niaga Syariah berhasil menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp37,1triliun atau tumbuh 15% Y-o-Y, dengan rasio CASA mencapai52%.

Dengan realisasi kinerja tersebut, pada semester I 2021, CIMB Niaga Syariah dapat menambah aset menjadi Rp47,9 triliun. Hal ini sekaligus mempertahankan posisi CIMB Niaga Syariah sebagai UUS terbesar di Indonesia.

Baca juga: PermataBank Syariah Hadirkan Layanan Digital untuk BPRS

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, hasil positif pada enam bulan pertama 2021 memberikan optimisme untuk terus meningkatkan kinerja pada semester berikutnya.

CIMB Niaga Syariah

Direktur Syariah Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk Pandji P. Djajanegara

“Kami bersyukur bisa menjaga kinerja yang baik meski dalam situasi yang masih menantang akibat pandemi COVID-19. Ini membuktikan, strategi kami untuk menyesuaikan fokus pertumbuhan pembiayaan dan profitabilitas sejak pertengahan tahun lalu berjalan dengan baik,” kata Pandji pada Diskusi Bersama CIMB Niaga Syariah, Kamis (19/8/2021).

Menurut Pandji, setidaknya terdapat 4 strategi CIMB Niaga Syariah untuk mendorong pertumbuhan hingga akhir tahun. Pertama, meningkatkan portofolio dana murah. Kedua, mengarahkan penyaluran pembiayaan ke segmen Consumer Banking dan Usaha Kecil Menengah (UKM)/Emerging Business Banking. Ketiga, mengembangkan ekosistem komunitas dan partner-partner komunitas CIMB Niaga Syariah. Keempat, mengembangkan produk-produk dengan kekhususan Syariah.

Baca juga: Perbankan Syariah Diproyeksikan Tumbuh Dobel Digit di 2021

Ekosistem Syariah

CIMB Niaga Syariah terus mengoptimalkan layanan digital untuk meningkatkan customer experience, terutama menggunakan digital banking OCTO Mobile. Melalui aplikasi yang dilengkapi fitur layaknya Super App ini, nasabah CIMB Niaga Syariah bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan secara sehat dan aman. Mulai dari menabung, berinvestasi, pembiayaan, bertransaksi, hingga berdonasi dengan nyaman dari rumah masing-masing.

“Untuk tabungan, nasabah bisa membuka rekening tabungan Syariah secara online, baik nasabah baru maupun existing. Kami memiliki produk Tabungan OCTO Savers-iB yang memberikan 60 kali transaksi tanpa biaya setiap bulan untuk tarik tunai, transfer, dan Top-Up e-Wallet. Nasabah yang ingin berinvestasi bisa memilih Deposito Berjangka-iB mulai dari Rp5 juta dengan bagi hasilyang kompetitif. Tersedia pula instrumen obligasi, sukuk, dan reksadana Syariah untuk diversifikasi portofolio investasi nasabah,” ujar Pandji.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top