Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Laba Bersih Konsolidasi CIMB Niaga Capai Rp1,1 Triliun

Marketing.co.id – Hari ini perolehan laba bersih konsolidasi CIMB Niaga (unaudited) mencapai Rp1,1 triliun pada kuartal pertama tahun 2020, naik sebesar 11,8% year-on-year (“Y-o-Y”), menghasilkan earnings per share Rp42,33.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, ditengah kondisi yang menantang akibat pandemi COVID-19, CIMB Niaga berhasil meraih pertumbuhan laba bersih dua digit untuk kuartal I 2020. Pertumbuhan laba bersih sebesar 11,8% Y-o-Y terutama didukung oleh pendapatan non bunga atau Non-Interest Income (“NoII”) sebesar 11,5% Y-o-Y dan penurunan pada Biaya Operasional sebesar 2,7% Y-o-Y.

“Hasilnya, rasio Cost to Income turun menjadi di bawah 48%. Dana murah (CASA) tumbuh 18,8% Y-o-Y dan berkontribusi terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 6,3% Y-o-Y. Sementara,rasio Loan Loss Coverage (“LLC”)meningkat menjadi 191,13%,dan biaya provisi naik menjadi 8,7% Y-o-Y,” tuturnya.

Capital Adequacy Ratio (“CAR”) CIMB Niaga tercatat baik sebesar 19,39% per 31 Maret 2020. Dengan total aset mencapai Rp274,5 triliun per 31 Maret 2020, CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

CIMB Niaga

Kantor cabang CIMB Niaga

Adapun Total penghimpunan dana pihak ketiga (“DPK”) tercatat sebesar Rp202,6 triliun dengan rasio CASA sebesar 60,1%. Adapun Tabungan mengalami pertumbuhan sebesar 20,3% Y-o-Y, sejalan dengan komitmen Bank untuk mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience.

Jumlah kredit yang disalurkan tumbuh 3,3% Y-o-Y menjadi Rp194,3 triliun, yang utamanya dikontribusikan oleh bisnis ConsumerBanking. “Kami dapat mempertahankan kepemimpinan yang kuat dalam segmen Kredit Pemilikan Rumah (“KPR”) yang meningkat 11,6% Y-o-Y, sementara Kartu Kredit yang tumbuh sebesar 8,9% Y-o-Y sebagai hasil dari pengembangan bisnis akuisisi merchant yang kami lakukan,” kata Tigor.

“Kami baru saja mengumumkan transformasi aplikasi “Go Mobile” menjadi “OCTO Mobile”. Inisiatif ini menandai perubahan digital bankingCIMB Niaga, dari aplikasi mobile banking menuju digital banking yang menyediakan fitur lengkap. Layaknya Super App,OCTO Mobile dapat melayani beragam aktivitas finansial nasabah dan memberikan customer experience yang lebih baik,” kata Tigor.

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top