Kunci Sukses Perusahaan dengan Memberdayakan Pelanggan

Marketing.co.id- Jangan remehkan pemberian informasi kepada klien. Informasi mendorong pelanggan untuk membeli dan mendapatkan layanan yang ada semaksimal mungkin. Sebaliknya perusahaanpun harus memilki keinginan kuat untuk menerima informasi dari pelanggan dalam bentuk survei kepuasan dan umpan balik pelanggan.

Bisa dicontohkan seperti Ryder suatu perusahaan penyewaan truk terbesar di dunia. Pada tahun 1989-1991 perusahaan ini terus mengalami penurunan  tergelincir di urutan kedua dalam pasar inti mereka di Amerika. Untuk mengatasi masalah ini, Ryder menyadari perlunya penggunaan informasi dengan lebih efektif dalam melayani pelanggan. Pendekatan yang dilakukan perusahaan ini menekankan tiga pengaruh kunci yang berkaitan dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

  1. Kebutuhan untuk membantu pelanggan dalam melakukan pembelian. Misalnya dengan membuat sebuah brosur yang menjelaskan secara eksplesit mengapa mereka sebaiknya memiliki asuransi Ryder, serta menyediakan brosur lain yang menawarkan pasokan dan aksesori lain. Ryder memahami bahwa pelanggan juga ingin membandingkan produk Ryder dengan pesaing, sehingga dibuatlah daftar perbandingan truk yang menonjolkan daya saing yang dimilkinya sehingga dapat meyakinkan calon pelanggan.
  2. Kebutuhan untuk membantu pelanggan dalam menggunakan layanan. Ryder menyediakan panduan gratis mengenai pindah rumah/tempat untuk semua pelanggan dan calon pelanggan.
  3. Kebutuhan yang lain, yaitu untuk membantu pelanggan dalam menyesuaikan penggunaan mereka secara terus menerus. Selain meyakinkan bahwa setiap gerai dikelola dengan baik, dengan menampilkan identitas perusahaan yang kuat dan komitmen kepada layanan pelanggan.

Manfaat dari pengukuran terhadap pelanggan ini selalu dimonitor dengan cermat melalui survei kepuasan pelanggan yang diletakan secara mencolok di setiap tempat duduk di dalam truk. Pendekatan ini berkontribusi terhadap kemampuan Ryder dakam mengubah bisnisnya.

Penerapan apa yang bisa dipetik dari contoh diatas.

  1. Pastikan pelanggan dan calon pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang berbagai layanan serta manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.
  2. Kumpulkan umpan balik dari klien guna memastikan kepuasan mereka dan untuk memperlihatkan citra perusahaan yang berfokus pada pelanggan.
  3. Mampukan pelanggan untuk menggunakan produk Anda dan berikan mereka informasi intruksional, ide, panduan online serta orang yang dapat dihubungi  segala sesuatu yang akan memberdayakan pelanggan dan membantu mereka menyesuaikan produk Anda dengan kebutuhan mereka. (HN)

Sumber dari buku 100 ide bisnis hebat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.