Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Kulkas Berteknologi Twin Inverter Diklaim Lebih Hemat Energi

Marketing.co.id – Salah satu pengeluaran rutin yang sering dikeluhkan rumah tangga adalah pengeluaran listrik. Banyak faktor yang membuat tagihan listrik terus meningkat, antara lain penggunaan perlengkapan rumah tangga (house hold) yang terus menerus menggunakan energi listrik seperti kulkas.

Produsen elektronik menyadari sensitifitas konsumen terhadap tarif listrik, sehingga berlomba-lomba memproduksi kulkas hemat energi. Salah satunya AQUA Japan yang menghadirkan produk kulkas terbaru yaitu Magic Cooling series  AQR-405IG dan AQR-350RBG(GB) dengan teknologi Twin Inverter. Dengan teknologi ini, penggunaan listrik akan jauh lebih hemat ketimbang menggunakan kulkas biasa.

“Yang kami tawarkan bukan kulkas dengan teknologi inverter biasa tapi Twin Inverter, jadi pastinya dapat lebih jauh menghemat energi,” kata Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia, Kenji Sadayuki.

Kulkas hemat energi

Kulkas hemat energi

Bagaimana teknologi Twin Inverter dapat menghemat listrik? Kepala Departemen Perencanaan Produk AQUA Japan Indonesia Meiriano Ullman menjelaskan, berbeda dengan yang kerap terjadi pada kulkas biasa di mana motor utamanya akan mati setelah suhu di dalam lemari es mencapai derajat yang ditentukan, dalam hal ini inverter tidak akan membuat kompresor benar-benar mati, melainkan tetap aktif dengan tingkat laju lebih pelan meski suhu dalam kabin lemari es mencapai suhu yang ditentukan.

“Pada kulkas biasa, mesin mati setelah suhu mencapai derajat yang ditentukan. Saat suhu berubah menjadi lebih tinggi, hal ini secara otomatis memicu kompresor bekerja kembali dengan daya besar dan membuat penggunaan energi listrik menjadi boros,” tutur pria yang karib disapa Rian tersebut.

Kulkas dengan teknologi inverter mampu membuat proses pendinginan  menjadi jauh lebih cepat. Selain itu, kulkas dengan teknologi ini juga mampu mempertahankan suhu agar stabil, tidak mudah naik atau turun.

“Suaranya pun lebih senyap, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda saat di rumah,” jelas Rian.

Selain Twin Inverter, kulkas terbaru AQUA Japan juga dilengkapi teknologi Humidity Control System (HCS) yang akan menjaga kelembaban pada makanan dan mencegah timbulnya bakteri.

Kulkas AQR-405IG dan AQR-350RBG(GB)  juga memiliki teknologi 360 derajat AirFlow. Yaitu berupa sistem pendinginan melingkar yang akan memastikan pendistribusian dingin yang merata ke seluruh interior ruangan kulkas. Dengan pendinginan yang merata, kesegaran makanan tentunya akan lebih terjaga.

Jadi berapa yang bisa dihemat dengan menggunakan kulkas ini? Sayangnya AQUA Japan Indonesia tidak menjelaskan dengan gamblang berapa rupiah yang bisa dihemat dari kulkas ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top