Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Kreasitus Bidik Segmen UMKM

Marketing – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Tercatat 60% pertumbuhan ekonomi nasional didorong oleh UMKM. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) 2017, sebanyak 59,2 juta UMKM yang ada di Indonesia, sayangnya baru 8 persen yang memanfaatkan platform digital.

Berangkat dari kondisi tersebut, PT Prima Gelora Indo – perusahaan asli Indonesia yang bergerak di bidang platform online, memperkenalkan Kreasitus, sebuah website builder yang diperuntukkan bagi UMKM dan profesional perorangan di Indonesia, dengan menyediakan layanan website professional yang tepat sasaran, mudah, cepat, dengan harga terjangkau.

Rinaaldi Soerja Djanegara, CEO Kreasitus mengatakan, “Di era digital, media internet menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup. Begitu juga dalam hal bisnis usaha, tidak lagi cukup dengan hanya mempunyai sebuah toko dalam wujud nyata. Kebutuhan ‘penampilan’ toko menarik dan dapat diakses melalui internet, sudah menjadi kebutuhan dalam memperkenalkan produk mereka kepada konsumen, baik dalam maupun luar negeri.”

Dia menambahkan, umumnya pelaku usaha biasanya menghadapi beberapa kendala dalam pembuatan situs web, diantaranya, tidak memiliki kemampuan untuk coding; tidak memiliki kemampuan berkreasi dalam warna, tata letak dan tulisan; sistem pembayaran dengan kartu kredit; dan sulit dalam pengoperasian situs, sehingga membutuhkan pihak lain.

Dia memaparkan, “Saat ini, situs web yang kami bangun masih pada tahap Beta. Dimana, kami sudah bekerja sama degan 100 calon pengguna (di luar partisipan yang akan menjadi pelanggan) yang memberikan umpan balik/feedback. Nantinya, feedback tersebut akan digunakan sebagai arahan pengembangan produk selanjutnya. Kami inginkan produk ini tepat sasaran, dibangun sesuai kebiasaan dan kebutuhan orang Indonesia, dan yang kami dapatkan ini tidak bisa ditiru oleh platform web builder lain.”

Kreasitus sendiri menawarkan layanan berlangganan mulai dari Rp80.000/bulan hingga berlangganan per tahun, yang tentunya dengan harga lebih ekonomis. Menariknya, untuk memberikan nilai lebih kepada pengguna situs web. Ya, Kreasitus telah merancang beberapa program untuk UMKM, seperti Pelatihan Perdagangan dan Digital, Kreasitus Expert, dan Gerai Percobaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top