
Marketing.co.id – Berita Marketing | Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memperkenalkan rangkaian Kegiatan Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) pada Senin (8/5/23). PSN telah dijalankan selama delapan tahun sejak pertama kali diundangkan dan memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

KPPIP dibentuk langsung oleh Presiden dan diresmikan melalui Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2014. Anggota KPPIP terdiri dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Menteri Keuangan, Menteri PPN/Bappenas, Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Salah satu fungsi utama KPPIP adalah sebagai point of contact dalam implementasi koordinasi untuk debottlenecking Proyek Strategis Nasional dan Proyek Prioritas seperti transportasi, energi, air minum, sanitasi dan telekomunikasi.
KPPIP melakukan pemantauan kemajuan Proyek Strategis Nasional untuk memastikan bahwa proyek-proyek yang dikembangkan telah berkonsultasi dengan masyarakat setempat, pemangku kepentingan lainnya serta mematuhi perlindungan lingkungan dan sosial yang diperlukan.

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekomian selaku Ketua KPPIP terus mendorong percepatan penyelesaian PSN hingga menunjukkan capaian yang progresif dari tahun ke tahun.
Wujud nyata kehadiran PSN bagi kesejahteraan rakyat diantaranya yakni berupa penambahan panjang jalan tol sebesar tiga kali lipat dalam delapan tahun terakhir dan telah beroperasinya perkeretaapian LRT dan MRT di Indonesia.
Sejak tahun 2016 sampai dengan Desember 2022, sebanyak 156 PSN telah diselesaikan dengan estimasi nilai investasi 1.080,2 triliun rupiah dan mampu menjadi backbone untuk menunjang konektivitas, ketahanan energi, kedaulatan pangan dan mitigasi bencana, hilirisasi industri serta investasi. Di tahun 2023, 30 PSN ditargetkan untuk dapat diselesaikan.
Rangkaian kegiatan sewindu PSN akan dimulai dari bulan Mei hingga Oktober 2023 yang terdiri dari sejumlah kegiatan seperti acara olahraga jalan sehat, pameran, seminar, lomba karya tulis dan lomba foto/video untuk siswa/siswi SMA dan mahasiswa serta berbagai kegiatan lain. Puncak acara sewindu PSN akan ditutup dengan rangkaian konferensi internasional dan forum bisnis dan investasi.
Tidak hanya memperkenalkan tentang PSN, Menko Airlangga juga menuturkan berbagai inovasi dan kerja sama yang telah dilakukan Pemerintah, terutama di sektor digital dan pendidikan seperti kerja sama antara Pemerintah dengan Apple Academy, Monash University, King College, dan IBM. Juga disinggung mengenai inovasi cross border payment system berupa QRIS yang telah menyentuh sejumlah negara seperti Malaysia dan Thailand.
“Kita harus terbuka, kita harus dorong, kita harus berani. Jadi kalau kita menutup diri, kita tidak terbuka, kita akan majunya linier. Belajar dari situ, kita harus majunya eksponansial. Nah eksponansial hanya dengan SDM. Perubahan ini yang harus ditangkap oleh generasi muda. Artinya apa? Lifelong learning,” tutup Menko Airlangga.
Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.