Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Konten Instagram yang Menarik Saat New Normal? Wajib hukumnya!

Marketing.co.id – Artikel Digital & Techno | Bagi pemilik bisnis online shop, membuat konten yang menarik dengan ide yang menggugah di Instagram tentu bukanlah hal yang mudah. Hal ini disebabkan karena tampilan toko yang dikemas dalam bentuk konten menjadi salah satu kunci bagi kesuksesan online shop. Namun, dengan situasi dunia yang berubah karena Pandemi Covid-19, beberapa bulan ke belakang malah menjadi kesempatan emas bagi para pemilik online shop untuk meraup keuntungan lebih.

Saat ini, Indonesia sudah mulai beradaptasi menuju New Normal. Mengembangkan ide untuk konten yang menarik dalam situasi New Normal pun merupakan suatu tantangan tersendiri. Mari simak tips & trik untuk pemilik online shop cara membuat konten menarik saat New Normal:

1. Ikuti Tren Yang Ada

Walaupun saat ini dalam situasi pandemi, tren tetap terjadi dalam dunia maya. Mudah mencari tren, cukup melihat topik apa yang sering dibicarakan oleh teman-teman kita dan kalangan artis maupun influencer. Dengan mengikuti tren, pelanggan menjadi lebih tertarik dan membaca konten yang sudah di publikasikan di akun online shop. Mereka juga bisa membagikan konten tersebut ke temannya, sehingga akun online shop tersebut memiliki engagement rate yang tinggi.

Sumber: Instagram @Steggo.id
Sempat viral akan pernikahan Dinda Hauw yang berawal dari direct message instagram, Steggo memanfaatkan ini untuk menjadikan tren ini konten.

Baca juga: Instagram Kenalkan Fitur-Fitur Keamanan Kepada Para Orang Tua

2. Giveaway

Ini adalah konten wajib yang harus dimiliki setiap akun online shop! Dengan menyisihkan modal kecil, kita dapat meraih sejumlah followers dan manfaat lainnya untuk akun online shop. Beberapa syarat dan ketentuan pun bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan, contohnya, apabila kita membutuhkan likes pada seluruh post di Instagram, kita bisa meminta mereka untuk melakukan spam likes pada seluruh post.

Sumber: Instagram @titiktulis
Titik tulis mengadakan giveaway dan menjadikannya konten

 

3. Kemas Testimoni

Testimoni produk online shop kita merupakan hal yang krusial. Namun, mengemasnya kembali dan menjadikannya konten feeds atau snapgram merupakan hal yang baru. Kita bisa memberikan desain dan warna yang sesuai dengan akun online shop kita, dengan testimoni yang sudah ada. Testimoni dari berbagai market platform jauh terlihat lebih menarik, sehingga memberikan kesan dapat dipercaya oleh para pembeli baru.

 

Sumber: Iklan Instagram @manateasoftsrve
Mana Tea Soft Serve menghadirkan testimoni
produk dari market platform yang berbeda

 

 

 

4. Buat Konten Produk yang Berbeda.

Mengenalkan produk adalah inti pembuatan akun online shop, agar para pembeli bisa mengetahui fungsi produk dan membelinya. Konten yang unik dan tak biasa akan jauh lebih menarik perhatian dibandingkan konten deskripsi produk yang biasa. Kita harus melakukan hal yang unik, agak sedikit “melenceng”, namun berkesan pada pembeli.

 

Sumber: Instagram @TheDailyMaiimi
Sebagai salah satu online shop yang menjual produk home spa, mereka menyajikan konten cara menggunakan bath bomb tanap bak mandi

 

5. Berikan “New Normal Starter Kit”

Pembuatan konten unik pada saat New Normal belum lengkap apabila tanpa ada konten ini. Para pemilik online shop bisa memberi tips & trik agar tetap sehat dalam menghadapi New Normal. Kita juga bisa mengaitkan produk yang dijual dalam konten tersebut pada penghujung konten. Katakanlah produk kita baju, sarankan para pembeli untuk membeli baju dari online shop kita agar tampil lebih bergaya menghadapi New Normal.

6. Buat Event Online

Event Online merupakan salah satu tren yang terjadi dikala pandemi seperti ini. Hal tersebut menjadi sangat efektif karena kita membuat event online sesuai dengan target pasar yang dimiliki. Apabila target pasar kita adalah generasi millenial, adakan webminar atau IG Live Story sembari membagikan ilmu berkaitan dengan produk yang dijual.

 

Sumber: Instagram @TheDailyMaiimi
Dengan menjual produk home-spa, The Daily Maiimi membuat online event dengan IG Live Story mengenai Quarantine Spa Day Routine

 

 

 

Masa Pandemi memang menjadi tantangan bagi para pemilik online shop, namun semangat untuk berbisnis dan menjangkau pembeli tentu harus dipertahankan. Beberapa cara membuat konten dapat digunakan secara berulang-ulang dengan variasi yang berbeda dan menyesuaikan dengan akun online shop yang dimiliki. Dicoba, yuk? Jangan berhenti berkreativitas! (Penulis: Karyn Nadissa, mahasiswi tingkat akhir SBM ITB)

Editor: Tony B.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top