Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Konten Facebook yang Menarik

faceAdalah suatu pemikiran yang salah bila Anda berpikir dengan mem-posting konten Anda ke Facebook, maka hal tersebut secara otomatis akan dilihat oleh fans Anda. Belum tentu.

Ada lebih dari satu miliar orang yang menggunakan Facebook dan lebih dari 18 juta halaman brand di Facebook. Hal ini berarti kecil kemungkinan pesan Anda akan muncul tepat di tengah halaman Facebook seseorang.

Belum lagi algoritma news feed Facebook yang dirancang untuk kemudahaan pengguna, tapi mempersulit pekerjaan para komunikator. Sebagai seorang komunikator, Anda harus mempertimbangkan semua hal tesebut dalam mem-posting konten di Facebook.

Michelle Mastrobattista, direktur komunikasi digital perusaahan Solomon McCown & Company, memaparkan trik dalam mendapatkan eksposur konten di Facebook di Digital PR Summit di San Fransisco baru-baru ini.

Berikut adalah tips tersebut:

Kenali algoritma yang digunakan

Ada 100.000 individu yang menentukan penempatan algoritma news feed dan resep untuk mendapatkan penempatan yang bagus sangat dijaga dengan baik. Tapi ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu. Perhatikan status hubungan, jenis posting, ad clicks, perangkat yang digunakan dan pertimbangan teknisnya, serta 50 interaksi terakhir yang Anda lakukan.

Kenali audience Anda

Insights adalah perangkat yang ditawarkan oleh Facebook secara cuma-cuma. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk mengetahui banyak hal mengenai fans Anda. Anda dapat mengetahui pola aktivitas dan merencanakan waktu dan konten dari post Anda agar lebih efektif.

Menganalisa jenis post

Menganalisa keterlibatan orang dapat Anda lakukan untuk membantu menentukan jenis post yang lebih menarik perhatian dan populer di kalangan dengan para fans. Apakah mereka lebih suka post berupa teks, foto, video, atau link? Cari tahu dan atur post Anda sesuai hasil analisa tersebut.

Buat konten yang bagus

Yang terakhir, pastikan konten post Anda menarik, unik, dan original. Percuma saja mengetahui semua data algoritma bila konten post tidak bagus. Dalam membuat konten, coba tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda akan membagi konten ini kepada orang lain?

Bila jawabannya tidak, segera ganti konten dan cari yang lebih menarik. Post yang tidak mendapat like atau komentar dapat merusak skor afinitas Anda dan mengurangi pencarian organik Anda.

Sumber: http://www.prnewsonline.com/water-cooler/2014/02/07/tailoring-your-pr-efforts-to-facebook/

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top