Apple, Microsoft, Google, Sony, Asus, HP adalah salah satu perusahaan sukses di dunia. Tapi apakah Anda menyadari bahwa di balik kesuksesan mereka peran konsumen sangat menentukan?
Produk yang mereka jual haruslah disukai dan dibeli oleh konsumen. Bila konsumen menyukai produk mereka, konsumen akan membeli dan memberikan rekomendasi yang baik.
Di lain pihak bila konsumen kurang menyukai produk mereka, konsumen tidak akan membeli atau memberikan rekomendasi yang kurang baik.
Dukungan yang diberikan konsumen dapat dilakukan dengan banyak cara. Hal tersebut ditentukan oleh karakteristik konsumen itu sendiri.
Ada lima kelompok karakter konsumen, yaitu
Innovators
Pada tahap ini alasan konsumen memilih teknologi tersebut karena mereka ingin mengeksploitasi teknologi baru. Publikasi pun belum dibutuhkan pada tahap ini.
Mereka adalah orang-orang gadget-freak kaya sehingga dapat mengimbangi tingginya harga yang dikeluarkan produsen. Tingginya harga juga menyebabkan rendahnya pendapatan produsen.
Kelompok Innovators membantu produsen mengembangkan teknologi, baik dari sisi pengembangan maupun finansial. Mereka juga akan memberikan rekomendasi pada kelompok konsumen selanjutnya–Early Adopters, bila teknologi baru tersebut dirasa bagus.
Early Adopters
Alasan kelompok konsumen ini memakai teknologi baru ini karena mendapatkan rekomendasi dan melihat manfaat teknologi tersebut (fungsi). Publikasi teknologi dilakukan berdasarkan referensi (Word of Mouth).
Harga yang tinggi tidak menghalangi mereka untuk membeli teknologi tersebut. Walaupun harga sudah tidak terlalu tinggi tapi pendapatan produsen masih rendah karena biaya yang masih cukup tinggi.
Teknologi sudah mulai banyak dipakai oleh masyarakat. Mereka juga akan memberikan referensi bila mereka merasa puas kepada kelompok Early Majority.
Early Majority
Pada tahap ini teknologi tersebut sudah mulai dipakai oleh mayoritas orang. Prioritas pilihan mereka berdasarkan manfaat (fungsi) dan rekomendasi baik dari Early Adopters. Publikasi yang dilakukan adalah referensi (Word of Mouth).
Diskon pun sudah mulai dilakukan oleh produsen. Hal ini menyebabkan pendapatan meningkat lebih cepat dari biaya, sehingga profit meningkat. Ini adalah titik puncak kesuksesan keberadaan sebuah teknologi di pasar.
Late Majority
Kelompok konsumen ini baru menggunakan teknologi tersebut setelah mayoritas orang menggunakannya. Hal ini dikarenakan mereka mempertimbangkan manfaat, fasilitas pendukung, dan harga. Publikasi dilakukan berdasarkan informasi dan harga.
Pada tahap ini harga sudah murah. Pendapatan produsen sudah meningkat drastis dari biayanya, sehingga profitnya meningkat. Pada tahap ini popularitas teknologi tersebut sudah mulai menurun. Hal ini dapat dilihat dari harga yang sudah menurun.
Laggards
Kelompok konsumen ini membeli karena sudah tidak ada alternatif dan harganya yang murah. Publikasi dilakukan berdasarkan harganya.
Harga teknologi sudah sangat murah. Pendapatan produsen sudah jatuh dan biaya meningkat, sehingga secara tidak langsung profit menurun.
Pada tahap ini teknologi tersebut sudah ditinggalkan. Teknologi baru pun sudah mulai dikeluarkan. Teknologi baru mulai dilirik oleh Innovators dan seterusnya. Siklus ini akan terus berulang dan akan berulang secara terus menerus.
Anda pasti memiliki brand favorit anda. Bila melihat kelompok konsumen di atas dukungan yang manakah yang Anda berikan? Apakah Anda termasuk kelompok Innovators, Early Adopters, Early Majority, Late Majority atau jangan-jangan Laggards? (Clarissa Chen)(Sumber: Technopreneurship, Eko Suhartanto, 2010)