Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Popularitas budaya Korea di Indonesia memberi dampak signifikan pada industri makanan dan minuman. Salah satu respons terbaru datang dari F&B ID yang meluncurkan restoran 88SEOUL perdana di Central Park Mall pada Kamis (22/5/2025).
Hadir membawa konsep “Seoulful Korean Cuisine”, restoran ini menyajikan makanan Korea rumahan dalam format tray besar, menonjolkan keaslian rasa serta atmosfer interior yang mengadopsi gaya retro tahun 1980-an.
Seluruh menu mulai dari nasi, sup, lauk utama, hingga banchan disusun dalam set seperti Champion dan Victory Set yang dirancang memberi sensasi makan di rumah. Sentuhan retro tak hanya pada desain, tapi juga pada narasi brand, merujuk ke semangat tahun 1988 yang simbolik dalam sejarah Korea Selatan.
“Melalui 88SEOUL, kami membawa kualitas, kenyamanan, dan sentuhan budaya yang kuat dalam satu pengalaman menyeluruh,” kata Devin Widyakrisnadi. Menurutnya, pengalaman konsumen kini menjadi faktor utama dalam merancang brand kuliner baru.
Kehadiran Chef Lim Jong Bin sebagai perancang menu turut memperkuat positioning autentik restoran ini. Pendekatannya dengan menyesuaikan lidah lokal, memastikan keseimbangan keaslian rasa yang sesuai ekspektasi pasar Indonesia yang semakin teredukasi akan cita rasa Korea.
Dengan kapasitas 50 kursi dan layanan delivery, F&B ID memanfaatkan pendekatan omnichannel untuk menjangkau konsumen lebih luas. Tren konsumsi makanan Korea yang semakin stabil, terutama di kalangan generasi muda, menjadi peluang yang coba dimaksimalkan perusahaan.
Dengan tren makanan Korea yang kini lebih dari sekadar musiman, 88SEOUL menjadi contoh bagaimana adaptasi budaya dapat menjadi nilai jual utama dalam strategi bisnis restoran.
88SEOUL juga tersedia melalui aplikasi F&B ID App yang tersedia di Google Play atau App Store, serta melalui layanan online delivery