Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Kompetisi Wirausaha DSC 12 Berhadiah Total Rp 2 Miliar Segera Ditutup

Marketing.co.id – Berita UMKM |Diplomat Success Challenge (DSC) 12, salah satu kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia yang diinisiasi Wismilak Foundation, masih terus menjaring proposal dan ide bisnis potensial dari berbagai daerah di Indonesia sejak dibuka pada 19 Juli lalu. Pendaftaran akan berakhir 19 Oktober 2021. Lewat ajang ini peserta berkesempatan meraih hibah modal usaha Rp 2 miliar, pendampingan berkelanjutan dari mentor profesional, dan jejaring Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

Edric Chandra, Program Initiator DSC 12 menjelaskan, DSC 12 terus mendapatkan respon positif dari penggiat UMKM, khususnya kaum muda Indonesia yang berani berwirausaha. Hal ini pun diperkuat dari beragam respon penggiat UMKM saat mengikuti berbagai rangkaian roadshow virtual dalam menggali materi aplikatif yang disampaikan oleh wirausaha sukses.

“Sinyal positif ini menandakan bahwa optimisme penggiat UMKM yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia, terus bangkit untuk meraih peluang dan siap membuat gebrakan. Hingga memasuki pekan pertama bulan Oktober, total kami telah menerima lebih dari 11.000 ide dan proposal bisnis.” jelas Edric.

Baca juga: Intip 3 Ide Bisnis Rumahan Bermodal Kecil untuk Milenial

Edric sangat antusias dengan proposal ide bisnis yang telah terjaring. Edric melihat bagaimana generasi muda Indonesia menunjukkan ‘creative survival’ dengan membuat terobosan ide bisnis yang segar dalam menjawab kebutuhan masyarakat.  Dengan membuka lebar berbagai ide bisnis, baik yang telah berjalan maupun masih dalam ide, diharapkan DSC 12 menjadi solusi yang mewadahi wirausaha Indonesia.

Kompetisi DSC 12 hanya boleh diikuti secara perorangan, bukan beregu. Peserta diperbolehkan mengirimkan ide sebanyak-banyaknya, dengan catatan atas nama perorangan (satu nama), dan proposal yang terpilih tetap hanya satu proposal atas satu nama.

Untuk memperkuat proses seleksi, DSC 12  menghadirkan empat mentor nasional yang terdiri dari empat figur entrepreneur inspiratif dari berbagai industri kreatif. Mereka adalah Handoko Hendroyono, Co-founder M Bloc Space & Kebun Ide, Helga Angelina, Co-founder Burgreens, Lukman Benjamin, Founder & CEO Cretivox, dan M. Jupaka, Business Strategic Kick Avenue & Brand Director NIION. Mereka akan terlibat langsung sejak masa inkubasi hingga tahap final.

Kompetisi ini juga akan melibatkan dewan juri untuk memilih ide bisnis terbaik. Ketiga dewan juri tersebut diantaranya adalah Surjanto Yasaputera selaku Ketua Dewan Komisioner DSC, serta anggota lainnya, yaitu, Antarina S.F. Amir serta Helmy Yahya.

Baca juga: J&T Super Seller, Kompetisi dan Inkubator Bisnis Berhadiah 380 Juta Rupiah untuk Mahasiswa

Direktur Utama Wismilak, Ronald Walla menegaskan, sejak tahun 2010, DSC berhasil memperkuat ekosistem wirausaha di Indonesia. DSC berkomitmen mendukung perekonomian Indonesia dengan mendorong usaha mikro dan melakukan percepatan pemberdayaan UMKM. Komitmen ini  mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat melalui sambutan dari Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dan  Menteri BUMN , Erick Thohir.

Dalam sambutan pada roadshow virtual Teten Masduki mengatakan, pemerintah mencanangkan target rasio kewirausahaan nasional di 2021 sebesar 3,95 persen dengan pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4 persen. Namun rasio  kewirausahaan Indonesia saat ini masih sekitar 3,47 persen.

Kompetisi ide bisnis

Menteri BUMN Erick Thohir

“Rasio persentase ini masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Karena itu dibutuhkan kolaborasi antara Pemerintah dan swasta dalam mempersiapkan peningkatan kualitas SDM unggul untuk mewujudkan target tersebut.” papar Teten.

Menteri BUMN Erick Thohir  menilai program dan kompetisi DSC hadir sebagai sistem pendukung bagi wirausaha. “Dibutuhkan sinergi dan dukungan dari Pemerintah dan swasta, termasuk dengan adanya ajang seperti kompetisi wirausaha yang memberi tantangan agar terus berinovasi dan berkembang.”jelas Erick Thohir.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top