Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

Kolaborasi Unilever & Shopee dalam Inisiatif ‘Rumah Bersih, Indonesia Lestari’

Marketing.co.idBerita Consumer Goods | Riset dari Kantar menunjukkan bahwa jumlah konsumen yang lebih peduli terhadap produk ramah lingkungan di Indonesia meningkat 112% dari 2019 ke 2020. Konsumen Indonesia juga kian menyadari pentingnya mempraktikkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, dengan 86% mulai mengadopsi kebiasaan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, dan 74% memilih brand yang memiliki kepedulian sosial. Terkait itu, Unilever dan Shopee pun menjalin kemitraan yang bertujuan untuk menciptakan rumah, komunitas, Indonesia, dan juga planet yang bersih.

unilever

Kedua perusahaan saling berbagi peran dalam mempromosikan perilaku ramah lingkungan kepada konsumen Indonesia, dan mengajak keterlibatan masyarakat untuk tidak lagi sekedar eco-concerned atau memiliki kepedulian terhadap lingkungan, tapi menjadi eco-active yang aktif melakukan aksi nyata dengan tindakan ramah lingkungan.

Kevin Stefano, Head of Homecare Ecommerce Unilever Indonesia menjelaskan, “Unilever bermitra dengan Shopee melalui inisiatif ‘Rumah Bersih, Indonesia Lestari’ untuk mengedukasi konsumen Indonesia agar semakin cerdas dan bijak dengan cara melihat 4 (empat) hal dalam memilih produk, yakni sumber bahan baku, manfaat sosial, lingkungan lestari, dan purpose.

“Upaya-upaya yang sejalan dengan komitmen Clean Future telah Unilever Indonesia mulai sejak lama. Sederetan brand dari kategori Home Care Unilever Indonesia juga telah mulai menjalankan inisiatif untuk menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan. Contoh lainnya, rangkaian produk Sahaja dengan surfaktan dan parfum yang dapat terurai di lingkungan,” ujar dia.

Dia menambahkan, adapun inisiatif ‘Rumah Bersih. Indonesia Lestari’ akan dilakukan melalui platform Shopee dan kanal media sosial kedua brand ini. Sejumlah kegiatan yang dilakukan di antaranya, Unilever Indonesia memfasilitasi konsumen dengan menyediakan produk pembersih yang lebih ramah lingkungan. Kedepannya, Unilever juga akan menghadirkan inovasi produk berkelanjutan yang akan secara exclusive diluncurkan di Shopee.

Baca juga: Unilever Ajak Generasi Muda Berbagi Peran Wujudkan Toleransi

Putri Lukman,  Head of FMCG Shopee Indonesia menambahkan, “Kami meluncurkan program terbaru ‘Rumah Bersih. Indonesia Lestari’ di platform Shopee yang memiliki jangkauan sangat luas, menyoroti bagaimana produk home care Unilever diformulasi, diproduksi, dan dikemas untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Melalui always-on campaign page ‘Rumah Bersih. Indonesia Lestari’ di Shopee, pengguna juga dapat mengakses koleksi produk perawatan rumah Unilever dan edukasi akan inisiatif ramah lingkungan yang dapat digalangkan dari rumah”.

Dia menambahkan, sebelumnya, pada ‘Shopee Super Brand Day Unilever’ tanggal 25-27 Mei lalu, Unilever dan Shopee menyumbangkan 2,5% dari total penjualannya, dalam bentuk produk paket kebersihan Sahaja ke lebih dari 4.000 masjid yang tersebar di seluruh Indonesia, bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia.

“Artinya, masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, turut berkontribusi dalam upaya menjaga kebersihan masjid di seluruh Indonesia,” imbuh Kevin.

Mendatang, dia melanjutkan, Unilever dan Shopee akan mendorong partisipasi konsumennya untuk secara aktif memilah sampah di rumah dan membawanya ke Bank Sampah binaan Unilever.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top