Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

Kolaborasi Mengatasi Masalah Pengolahan Sampah Melalui “Safari TOSS”

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods I Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) dan perusahaan rintisan (startup company) comestoarra.com bekerjasama dengan PT PLN (Persero), PT Indonesia Power, PT Indofood Sukses Makmur Tbk mengedukasi masyarakat mengenai pengolahan sampah bertajuk Safari TOSS “Journey to The East” (JTE) pada 01-20 September 2020.

Safari TOSS Indofood

Founder Comestoarra.com, Arief Noerhidayat menjelaskan proses pengolahan sampah domestik dan sampah biomassa melalui proses peuyeumisasi yang dikembangkan oleh Sonny Djatnika dan Supriadi Legino (Penemu Metode Peyeumisasi) hingga menjadi energi kerakyatan kepada Novrizal (Direktur Pengelolaan Sampah KLHK), Ahsin Sidqi (Dirut Indonesia Power) Trois (esdm), dan Herlinda Murap (Indofood) didampingi Miss Earth Indonesia 2019, Chintia Kusuma Rani saat peluncuran program Safari TOSS: Journey To The East.

Dalam rangkaian safari ini, GCB dan comestoarra akan melakukan liputan aktifitas, seminar, serta pelatihan dengan mengunjungi 15 lokasi implementasi TOSS (Tempat Olahan Sampah di Sumbernya) di Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan secara daring. Ini sekaligus bentuk dukungan kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk menggerakkan masyarakat Indonesia dalam mengolah sampah di sumbernya dan memanfaatkan hasil olahannya menjadi energi kerakyatan.

Ketua Badan Eksekutif GCB, Peni Susanti, kapasitas Tempat Pengelolaan Akhir Sampah (TPA) di sejumlah wilayah yang semakin kritis. Untuk itu, perlu sosialisasi dan edukasi yang berkelanjutan kepada masyarakat agar mampu melakukan pemilahan sampah di sumber. Karena itu, GCB memfasilitasi masyarakat dan seluruh stakeholders untuk bekerjasama dalam pelaksaanaan pengolahan sampah di sumber melalui TOSS yang digagas oleh Supriadi Legino dan Sonny Djatnika Sunda Djaja.

Baca Juga: Indofood Turut Kembangkan Program TOSS-GCB

Ditambahkan Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang, bahwa Indofood merasa bangga bergabung dalam Gerakan ini.Pengelolaan sampah menjadi sumber bahan baku energi ini memiliki  nilai yang secara langsung juga mendorong terbangunnya ekonomi sirkular, Sedangkan kepedulian berbagai pihak dalam mendukung pengembangan dan penerapan TOSS dengan  Metode Peyemisasinya ini sejalan dengan semangat ESR (Extended Shareholder Responsibility).

“Diharapkan, ini akan mampu memberikan dampak positif yang lebih besar dalam upaya mengurangi sampah yang belakangan ini kian menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat secara luas. Selain itu, kegiatan Safari TOSS: Journey To The East juga mampu mengedukasi dan menumbuhkan minat masyarakat mengolah sampah menjadi bahan bakar kerakyatan melalui TOSS dengan Metode Peyeumisasi, sekaligus menciptakan lingkungan yang lebih baik,” imbuh dia.

Baca Juga: Meraup Miliaran Rupiah dari Gunung Sampah

Supriadi Legino, Penggagas TOSS dan Komisaris Utama comestoarra.com, menjelaskan, “Konsep gotong royong sangat menunjang keberhasilan pengolahan sampah di sumber. Dari kajian sosiologi dan psikologi, masyarakat Indonesia membutuhkan teknologi yang sederhana namun sarat akan nilai-nilai budaya,” terang Supriadi. Supriadi menambahkan bahwa TOSS dengan metoda peuyeumisasi (Biodrying) adalah suatu konsep yang terinspirasi dari alam.

Selain berupaya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi melalui media daring, Safari TOSS juga merupakan langkah untuk dapat memanfaatkan sampah yang telah diolah menjadi bahan baku padat (RDF) untuk mendukung program co-firing pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap.

Arief Noerhidayat, Ketua Pelaksana Safari TOSS dan CEO dari Comestoarra.com, memaparkan bahwa tujuan dari Safari TOSS ini adalah memperlihatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa masyarakat mampu memproduksi bahan baku energi kerakyatan yang bersumber dari material sampah. Rangkaian Safari TOSS sendiri dimulai di Gerakan Ciliwung Bersih pada 1 September 2020 dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari Kementerian, BUMN, perusahaan swasta, hingga pemerintah daerah.

Selanjutnya tim Safari TOSS akan menuju ke Jepara untuk melakukan menyajikan inovasi Batu Bara Nabati PT PLN (Persero) Tanjung Jati B sebagai pengembangan dari program TOSS bernama Tanjung Jati Organic Solution. Perjalanan akan dilanjutkan ke Banyuwangi, Bali, dan yang terakhir adalah melakukan Uji Cofiring di PLTU Ropa, Flores, Nusa Tenggar Timur dimana comestoarra.com dipercaya oleh PT PLN (Persero) untuk menyediakan bahan baku dan menjadi tim uji co-firing bersama PT PLN (Persero) UPK Flores.

Dari rangkaian Safari TOSS ini, masyarakat dapat menyaksikan aktifitas program TOSS, kegiatan seminar dan pelatihan, serta menyaksikan uji co-firing melalui media daring. Diharapkan kegiatan ini dapat memicu seluruh pihak dalam menyelesaikan permasalahan sampah dan mengolahnya menjadi energi kerakyatan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top