Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Kolaborasi Mendikbudristek, Surge dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital untuk Mendidik Calon Pengusaha Indonesia

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Surge,  Sequoia India dan Asia Tenggara, wirausahawan, Pengusaha muda,  buku Founder Starter Pack,Ketiganya akan membangun sebuah roadmap untuk pengusaha muda melalui pengembangan kurikulum universitas dan peluang bimbingan bagi siswa oleh founder lokal yang sukses.

Marketing.co.id – Berita Digital | Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, dan Surge, sebuah program untuk startup tahap awal dari Sequoia India and Southeast Asia  mengumumkan sebuah kolaborasi untuk membekali generasi baru pengusaha di Indonesia dengan pengetahuan dan bimbingan yang dibutuhkan untuk memulai dan mengembangkan usaha.

Fokusnya adalah membangun topik-topik yang berhubungan dengan startup dan kewirausahaan menjadi modul untuk kurikulum perguruan tinggi dan menyediakan bimbingan untuk para mahasiswa yang ingin memulai usaha sendiri.

Inisiatif ini akan dimulai dengan peluncuran sebuah buku 70 halaman dengan judul ‘Founder Starter Pack’ yang berisikan panduan praktis tentang membangun perusahaan untuk para founder startup. Buku yang dicetak dalam versi bahasa Inggris dan Indonesia ini akan tersedia untuk mahasiswa dan founder startup di Indonesia.

Topik-topik yang diangkat meliputi penilaian ukuran pasar dan struktur industri, mendapatkan product market fit, penyempurnaan model bisnis, memahami dan melacak metrik keuangan, dan menawarkan kepada investor.

Dengan populasi 270 juta penduduk, yang mayoritas sudah ramah digital, dengan nilai ekonomi $1 triliun, ekosistem startup di Indonesia memasuki tahap perkembangan dan inovasi baru dan sedang berjalan menuju sebuah ekonomi digital global.

Indonesia sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan pesat pada aspek talent, infrastruktur dan permodalan selama beberapa tahun terakhir dan pemerintah Indonesia mengambil langkah lebih lanjut untuk mendidik anak-anak muda Indonesia tentang kewirausahaan.

“Dengan buku ini, kami berharap para pengusaha muda dapat merancang dan menjalankan usaha yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan semangat membangun negara, mari ciptakan inovasi dan bergerak bersama mewujudkan pembelajaran mandiri,” ujar Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bermitra dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital membangun sebuah kurikulum kewirausahaan untuk para mahasiswa. Sequoia India and Southeast Asia akan mendukung upaya membangun kurikulum ini dengan menyediakan Founder Starter Pack sebagai penunjang pendidikan perguruan tinggi di Indonesia.

Buku ini akan didistribusikan untuk lebih dari 100 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, dengan versi e-book yang tersedia untuk para mahasiswa tanpa pungutan biaya. Juga, akan didistribusikan ke berbagai komunitas dan organisasi pemerintahan lokal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top