Kolaborasi JSD x Tokopedia Catat Penjualan Signifikan

Marketing.co.id – Berita Digital I Kolaborasi antara Tokopedia dan JSD (Jakarta Sneaker Day) pada 27-30 Juli 2020 kembali mendapatkan antusiasme sangat tinggi dari masyarakat. Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa nilai transaksinya meningkat lebih dari 2 kali lipat dibandingkan dengan yang pertama kali.

JSD Tokopedia

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan, “Pegiat usaha yang memanfaatkan kanal daring diharapkan dapat lebih tangguh mempertahankan bisnis di tengah pandemi. JSD adalah contoh pegiat usaha yang mengakselerasi adopsi platform digital Tokopedia untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, serta berkontribusi memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi.”

Sebelumnya, JSD yang sebelumnya diselenggarakan sepenuhnya offline, mulai meng-online-kan eventnya untuk pertama kali pada 28-29 Maret 2020 silam melalui Tokopedia dan menuai kesuksesan luar biasa. Kesuksesan ini salah satunya didorong oleh pemanfaatan Tokopedia Play, kanal video streaming yang diluncurkan Tokopedia pada 2019.

Nuraini menambahkan, pemanfaatan Tokopedia Play bertujuan membantu pegiat usaha – seperti JSD, menjangkau masyarakat dengan cara yang lebih interaktif dan atraktif. Terlebih, saat ini  tengah era social commerce, dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja.

Project Director JSD, Vito Wira Evendye, mengungkapkan, “Bersama Tokopedia, JSD Future Format Volume 2 dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia di tengah adaptasi kebiasaan baru sekaligus mendorong industri fesyen yang saat ini terdampak pandemi. Pemanfaatan Tokopedia Play juga menjadi salah satu langkah kami untuk menginspirasi lebih banyak pegiat usaha dalam mendukung kemajuan industri fesyen dan skena pop-culture di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.”

Selain menampilkan berbagai produk fesyen dari kreator lokal dan internasional, Tokopedia Play juga telah menyajikan hiburan berupa talkshow JSD Buzz dan konser musik online yang memungkinkan masyarakat merasakan pengalaman live shopping yang menghibur. Acara yang menjembatani kegiatan yang sebelumnya diselenggarakan offline dengan audiens lebih luas melalui kanal online tersebut — telah ditonton lebih dari 200.000 kali sepanjang periode kampanye.

Pemanfaatan platform Tokopedia pun telah membantu para kreator lokal dan internasional, semisal di kampanye JSD, untuk menjangkau lebih banyak masyarakat, termasuk yang ada di NTT, Maluku dan Papua. Selain itu, produk hasil kreator lokal, seperti sepatu, tas ransel dan masker kain bermotif, menjadi yang paling populer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.