Marketing.co.id – Berita Digital | Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) bekerja sama dengan iziklaim dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada para peserta asuransi kesehatan dan korporasi (Peserta) dengan memanfaatkan teknologi digital. Kerja sama ini meliputi layanan telemedisin Good Doctor berupa telekonsultasi dan pengantaran obat dapat diakses oleh para peserta yang memanfaatkan iziklaim untuk mempermudah klaim rawat jalan mereka.
Chief Operating Officer PT Good Doctor Technology Indonesia, Dieter Lynton Kurt Werwath mengatakan, layanan kesehatan berbasis teknologi yang dimiliki dapat memaksimalkan manfaat rawat jalan peserta asuransi kesehatan karena mereka dapat melakukan lebih banyak konsultasi dengan dokter-dokter.
“Kolaborasi ini sekaligus menunjukkan bahwa inovasi teknologi dapat memenuhi keinginan peserta asuransi untuk memperoleh layanan kesehatan berkualitas dengan harga terjangkau melalui aplikasi Good Doctor sekaligus kemudahan mengklaim manfaat rawat jalan melalui web iziklaim,” ujar dia.
Dia melanjutkan, inovasi teknologi dalam layanan kesehatan Good Doctor dan proses klaim asuransi melalui iziklaim menjawab kebutuhan peserta akan kemudahan, kepraktisan, dan kecepatan sekaligus sesuai dengan gaya hidup masa kini. Terlebih, kemitraan Business-To-Business (B2B) dengan perusahaan asuransi sangat penting karena bisnis ini merupakan payor terbesar kedua setelah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan penyedia layanan consumer insights Populix kepada 1.041 responden di beberapa pulau di Indonesia menunjukkan bahwa 73% responden menganggap memiliki asuransi kesehatan merupakan hal yang penting. Temuan dari survei yang dilakukan pada Januari 2023 ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia yang sudah memiliki asuransi, mayoritas memiliki asuransi kesehatan baik dengan pendanaan pribadi maupun benefit dari perusahaan.
Survei yang dilakukan untuk mengetahui persepsi dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap produk asuransi kesehatan dan jiwa ini juga menunjukkan bahwa layanan digital dan proses klaim yang cepat dan akurat menjadi pertimbangan responden dalam memilih asuransi.
Untuk bisa memperoleh layanan telemedisin, peserta asuransi kesehatan via iziklaim hanya perlu menghubungkan kartu asuransi mereka dengan aplikasi Good Doctor. Setelah terhubung, peserta asuransi dapat melakukan telekonsultasi dengan dokter umum dan dokter spesialis kapan pun dan di mana pun sehingga tidak lagi ada hambatan bagi peserta untuk memperoleh layanan kesehatan.
Chief Operating Officer iziklaim, Alan Makagiansar menambahkan, dengan iziklaim, peserta dapat langsung mengklaim manfaat rawat jalan mereka dengan mudah dan cepat. Sistem klaim elektronik memampukan peserta dan petugas layanan kesehatan mengetahui limit rawat jalan peserta sehingga mereka tidak perlu lagi menghubungi pihak asuransi.
“Peningkatan layanan lain yang kami lakukan adalah kerja sama dengan Good Doctor sehingga para peserta asuransi dapat menikmati layanan telemedisin berupa telekonsultasi dan pengantaran obat yang dapat memaksimalkan manfaat rawat jalan mereka. Dengan kemitraan ini, peserta asuransi Kesehatan dapat memperoleh layanan kesehatan sekaligus mengklaim manfaat rawat jalan tanpa dibatasi waktu dan tempat,” ujar dia.
Kemitraan Good Doctor dan iziklaim juga dapat menghilangkan keengganan orang memiliki asuransi kesehatan dengan alasan premi yang mahal dan proses klaim asuransi yang rumit. Selain itu, peserta tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan menghemat energi untuk pulang pergi ke fasilitas kesehatan offline dan mengantre obat hanya untuk penyakit-penyakit ringan yang dapat ditangani telemedisin.
Proses klaim yang rumit dan melelahkan karena harus mengisi dan menyertakan berbagai dokumen kelengkapan serta menelepon pihak asuransi untuk menanyakan limit rawat jalan dipermudah dengan iziklaim yang akan menghubungkan peserta asuransi dengan layanan kesehatan.
Menariknya, sistem klaim elektronik berbasis web ini dapat melacak laporan transaksi klaim asuransi sehingga ketika peserta asuransi memanfaatkan asuransi rawat jalan, petugas layanan kesehatan tidak perlu lagi menghubungi perusahaan asuransi karena semuanya sudah terhubung melalui iziklaim.