Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Indonesia Fintopia Technology (Easycash) dan PT Bank DBS Indonesia mengumumkan kemitraan strategis dalam penyaluran kredit (loan channeling) di Indonesia. Kemitraan ini merupakan perwujudan komitmen kedua perusahaan untuk memperkuat inklusi keuangan. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah masyarakat yang mengakses layanan keuangan, terutama mereka yang belum terlayani (underserved) dan tidak memiliki akses ke layanan perbankan (unbanked).
Kemitraan ini juga sejalan dengan target inklusi keuangan yang ditetapkan dalam Undang-Undang No. 59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, yang menargetkan inklusi keuangan mencapai 91% pada 2025, dan meningkat hingga 98% pada 2045.
Head of Ecosystem Lending PT Bank DBS Indonesia Willy Lawy mengatakan bahwa pihaknya merasa antusias dapat bermitra dengan Easycash untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Kerja sama ini adalah langkah nyata untuk memperkuat ekosistem keuangan digital yang inklusif.
“Kami berharap dapat memberikan akses pembiayaan yang lebih luas kepada pelaku usaha, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Willy.
Sementara itu, Direktur Utama Easycash Nucky Poedjiardjo Djatmiko mengatakan bahwa kemitraan ini tidak hanya akan memperluas jangkauan layanan Easycash, tetapi juga menghadirkan solusi kredit yang lebih efisien dan tepat sasaran bagi para pengguna. “Kami percaya bahwa kemitraan ini akan membantu lebih banyak masyarakat mendapatkan akses ke layanan daring yang mereka butuhkan,” tutur Nucky.
Easycash berkomitmen untuk terus mendukung terciptanya ekosistem fintech yang lebih sehat dan berkelanjutan serta memperluas akses layanan finansial bagi masyarakat. Sejak didirikan pada 2017 hingga Desember 2024, Easycash telah menyalurkan pinjaman kepada lebih dari 7,2 juta penerima dana (borrower) dengan total nilai akumulasi lebih dari Rp63,21 triliun. Salah satu upaya yang ditempuhnya untuk mewujudkan komitmen perluasan akses layanan finansial untuk masyarakat adalah melalui kemitraan dengan Bank DBS Indonesia.
Sebagai mitra tepercaya dalam mendukung pertumbuhan bisnis, Bank DBS Indonesia juga berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem pembiayaan sebagai bagian dari strategi utama dalam memperluas akses ke layanan finansial. Inisiatif ini selaras dengan pilar keberlanjutannya yang pertama, yakni Responsible Banking guna mewujudkan visinya dalam menjadi ‘Best Bank for a Better World’. Sebelumnya, Bank DBS Indonesia telah menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan fintech.
Dalam penutupnya, Nucky mengajak semua pihak untuk terus berkolaborasi dan mendukung agenda pemerintah dalam hal peningkatan inklusi keuangan. “Kami percaya bahwa dengan kemitraan dan dukungan dari berbagai pihak, kita dapat mencapai inklusi keuangan yang lebih baik dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Nucky.