Dunia Digital

Klout, Tools untuk mengukur dan memantau dampak dari Sosial Media

Klout, sebuah startup penyedia tools untuk mengukur dan memantau pengaruh atau dampak dari sosial media kini kembali menambah panjang deretan layanan dalam daftarnya. Setelah sebelumnya mereka telah menyediakan layanan untuk Twitter, Facebook, Linkedln, YouTube dan yang baru-baru ini bergabung, Foursquare, kini Klout menambahkan 5 network baru, yaitu Blogger, Tumblr, Flickr, Instagram dan Last.fm.

Klout bekerja untuk mengevaluasi aktivitas pengguna dengan algoritma ranking yang kompleks dan analisis semantik dari konten untuk mengukur pengaruh individu pada jejaring sosial. Pada Twitter, skor Klout didasarkan pada kemampuan pengguna untuk mendorong “aksi” melalui Tweet, Retweet, dan lainnya. Sedangkan pada Facebook, Klout akan memeriksa bagaimana percakapan dan konten membangkitkan minat serta keterlibatan pengguna melalui “likes”, komentar dan lainnya dari jaringan dengan 700 juta pengguna tersebut.

Untuk Linkedln, Klout dapat mengevaluasi jumlah koneksi Anda dan update pada situs. Dan mungkin, untuk Foursquare, Klout didasarkan pada seberapa sering Anda check in, berapa mayorships yang Anda peroleh, dan lain-lain.

Untuk Instagram, pengukuran dapat berupa berapa banyak yang menyukai foto Anda. Flickr juga kemungkinan menggunakan metrik yang sama. Sedangkan Last.fm adalah penambahan yang cukup menarik, mengingat bahwa ini adalah layanan berbasis musik pertama yang ditambahkan Klout. Mungkinkah Spotify akan menjadi target Klout berikutnya?

Pengguna dapat memilih koneksi akun mereka ke skor Klout pada profil. Klout mengatakan bahwa menghubungkan sebuah akun tidak akan menurunkan skor, tapi justru dapat meningkatkan skor Anda. Dan jangan lupa, ada jejaring sosial baru yang sepertinya akan segera Klout tambahkan, yaitu Google+. (Sumber: Gopego.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top