Marketing.co.id – Berita Digital | Memasuki kuartal II 2022, Klassku – startup yang didirikan pada tahun 2018, akan fokus pada pengembangan platform edukasi dan pembelajaran berbasis konsep merdeka belajar dengan memanfaatkan pertemuan offline dan online atau dikenal dengan istilah hybrid. Dengan konsep baru sebagai platform pendidikan, baik guru maupun siswa dapat menjadi pembuat sekaligus penikmat konten dalam satu aplikasi Klassku.
COO Klassku Tony Siahaan menjelaskan, sejak didirikan, Klassku di bawah PT Aiptek Cipta Nusa Persada telah menggali banyaknya tantangan yang dihadapi para guru dalam menghadapi proses pembelajaran saat ini terutama di era pandemi dan perjalanan menuju endemi, salah satunya adalah keharusan untuk terus berinovasi dan kreatif dalam mengajar agar siswa dapat menyerap materi pelajaran dengan baik dan tetap memperhatikan tingkat interaksi siswa selama pelajaran daring. Di layanan terbarunya ini, Klassku membantu para guru dengan memberikan pelatihan untuk membuat konten pembelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam belajar.
“Pivot yang kami lakukan berdasarkan adanya tantangan yang dialami oleh guru dan proses pembelajaran yang dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Saat ini di mana hampir semua lini kehidupan dituntut untuk serba digital, Klassku terus mendorong para guru untuk selalu berkembang dan melek digital dalam proses mengajar melalui video learning,” ujar dia.
Klassku juga bermisi untuk meningkatkan kesejahteraan para guru melalui program insentif poin yang dapat ditukar dengan berbagai diskon di mitra merchant Klassku. Hal yang sama berlaku untuk siswa sebagai penonton video dimana siswa akan diberikan poin untuk setiap konten pelajaran yang mereka tonton. Skema ini dipercaya mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar di luar kelas.
Merchant yang ada tidak hanya merchant offline, Klassku juga bekerja sama dengan PPoB untuk memudahkan guru dan siswa dalam menukar poinnya dengan pulsa, token listrik, hingga voucher game.
“Konsep Klassku pada dasarnya adalah menggabungkan dunia pendidikan dan pemasaran. Dimana, insentif atau budget yang ada di divisi pemasaran brand atau perusahaan dikoneksikan dengan konten pendidikan, dengan target mendorong perkembangan dan kesejahteraan para guru. Klassku mendukung penuh pengembangan kreativitas guru-guru dengan pendampingan konten dari tim Klassku. Harapannya, guru akan beradaptasi menjadi fasilitator dan siswa akan aktif mencari konten-konten tersebut di aplikasi Klassku,” tutur Tony.
Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung sistem pembelajaran hybrid, Klassku berkolaborasi dengan SMP/SMA Ragunan, Jakarta Selatan. Sekolah bagi atlet berprestasi dengan total siswa lebih dari 400 ini mulai menjalani kerja sama dengan Klassku sebagai platform digital based learning sebagai penunjang kegiatan belajar para siswanya. Saat ini, Klassku telah rampung memberikan pelatihan kepada para guru tentang paket pembelajaran digital. Targetnya, di tahun ajaran baru 2022-2023 semua konten video pendidikan terkumpul dan dapat dijadikan materi pelajaran bagi para siswa atlet.
Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Drs. Surwanto, M.A, mengatakan, “Aplikasi Klassku adalah suatu platform digital yang membantu untuk kelancaran dan membangun proses pembelajaran siswa. Di era digitalisasi pendidikan memang menuntut adanya sarana belajar yang fleksibel agar lebih mudah, dimana dan kapan saja. Apalagi dengan konteks sekolah SMP/SMA Ragunan, konsep yang ditawarkan Klassku sangat serasi bagi anak-anak karena waktu belajar siswa di sini tidak seperti sekolah lain.”
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ninik Haryati, S.Pd turut menyambut hangat kolaborasi ini. “Dengan digitalisasi dan kolaborasi dengan Klassku, waktu belajar menjadi lebih fleksibel dan diharapkan dapat memberikan variasi untuk melangkah di prestasi akademiknya.”