Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Klaim sebagai Kamera Multimedia Terbaik, Ini 5 Fitur Unggulan Nikon D850

PT Nikon Indonesia telah mengumumkan kehadiran D850 di Indonesia. Menurut General Manager of Imaging Division, Nikon Indonesia Sukimin Thio, Nikon telah melakukan serangkaian peningkatan kapabilitas pada fitur pengambilan video,  yakni kemampuan untuk melakukan perekaman video full frame dengan kualitas 4K UHD (3840 x 2160)/30p, serta fitur video dengan 4× dan 5× slow-motion dalam format Full HD.

“Fitur tersebut akan menghasilkan efek ekspresi gerak yang begitu impresif dalam balutan video berkualitas Full HD,” ujar Sukimin Thio.

Tidak sebatas itu saja, seri ini bahkan didesain untuk mampu mendukung pembuatan time-lapse videos dengan kualitas 8K yang tersusun dari rangkaian gambar-gambar diam yang diambil menggunakan mode interval timer photography. Juga, menawarkan fitur silent photography, serta fitur pemrosesan gambar-gambar berformat RAW dalam mode batch processing di dalam kamera secara langsung. Fitur-fitur tersebut menjadi penegasan keunggulan D850 sebagai kamera multimedia digital SLR terbaik saat kini.

Berikut 6 fitur utama Nikon D850

  1. Angka resolusi efektif sebesar 45,7 megapixels dan sensor backside illumination Nikon FX-format CMOS mutakhir

D850 merupakan kamera digital SLR Nikon pertama yang telah dilengkapi dengan sensor backside illumination CMOS. Performa low-noise yang dimilikinya memungkinkan terciptanya karya-karya dengan sensitivitas maksimum standar ISO 25600. Resolusi pikselnya memungkinkan cahaya-cahaya yang tidak perlu untuk dapat diarahkan secara efektif ke dioda-dioda foto. Sensitivitas minimum setara dengan standar ISO 64 menjadikan D850 mampu menyuguhkan rentang sensitivitas yang begitu luas.

Selain itu, tanpa adanya low-pass filter pada D850 mengoptimalkan penggunaan lensa NIKKOR. Imaji-imaji yang dihasilkan dengan menggunakan D850 bisa dibentangkan hingga ukuran A2 untuk kebutuhan pencetakan, atau bahkan bisa pula digunakan dalam tampilan digital signage berkualitas 8K.

  1. Pemotretan kontinu dengan kecepatan mencapai 7 fps/9 fps

D850 dilengkapi dengan sensor backside illumination CMOS yang mampu membaca data bervolume tinggi dalam kecepatan baca yang tinggi pula, mesin pemrosesan imaji EXPEED 5 yang mampu memroses informasi melimpah dalam rentang kecepatan yang tinggi, serta desain pada mekanisme shutter dan cermin yang mutakhir. Ketiga fitur tersebut bekerja secara selaras untuk menghasilkan jepretan kontinu berkecepatan hingga sekitar 7 fps hanya dengan menggunakan kamera saja. Namun apabila digunakan juga MB-D18 Multi-Power Battery Pack dalam proses pengambilan gambar, maka kecepatan bidik bisa mencapai sekitar 9 fps. Kamera juga ini mampu menghasilkan gambar berformat RAW berukuran hingga sekitar 51 14-bit atau 170 12-bit dengan kompresi lossless dalam sekali jepretan foto secara kontinu.

  1. Fitur silent photography tanpa suara saat menekan shutter atau akibat vibrasi mekanis, dengan hasil tangkapan gambar berkualitas 45 MP

D850 juga dilengkapi dengan fitur silent photography di mana sensor imaji beroperasi seperti halnya saat tirai depan dan belakang pada shutter mekanis bekerja dengan live view photography. Dengan fitur ini, pengambilan gambar-gambar ukuran full frame dapat dilakukan dengan hening tanpa suara. Bahkan, suara yang biasa muncul saat shutter dilepaskan pun sama sekali tak terdengar dan vibrasi akibat proses mekanis juga bisa diredam.

  1. Kamera digital SLR pertama Nikon yang telah mendukung perekaman video full frame berkualitas 4K UHD (3840 × 2160)

D850 mendukung pengambilan video full frame dengan kualitas 4K UHD (3840 × 2160)/30p. Para pengguna dapat memanfaatkan lebar lensa secara optimal dalam merekam video dengan sudut pengambilan yang bisa dibuat semaksimal mungkin, serta dengan resolusi hasil rekaman video yang menjangkau hingga seluruh sisi layar berkat penggunaan lensa NIKKOR. Selain itu, D850 bisa merekam video dalam mode 4× dan 5× slow-motion dalam balutan format Full-HD (100- atau 120-fps readout direkam pada posisi 24p, 25p, atau 30p).

Seri ini juga memungkinkan pengguna memilih format video MOV atau MP4. D850 memungkinkan pengguna bisa menerapkan setingan yang lebih detil pada tampilan sekilas atau highlight display.

  1. Ciptakan video time-lapse berkualitas 8K, optimalkan hasil jepretan interval timer photography

D850 menghadirkan fitur penjepretan gambar dengan metode interval timer shooting. Fitur tersebut tidak hanya untuk mendukung perekaman gambar diam (8256 × 5504), namun juga menawarkan pilihan pengambilan gambar yang lebih hening.

Dengan mengaKtifkan mode silent interval timer photography dan exposure smoothing, memungkinkan eksposur antar masing-masing jepretan bisa ditekan seminimal mungkin secara efektif. Meski begitu, kamera tetap dapat mengukur eksposur dengan cahaya yang sangat rendah, bahkan lebih rendah dari syarat minimal yang dibutuhkan, yakni -3 EV.

Nikon D850 rencananya akan tersedia di pasar Indonesia mulai Februari 2018 dengan AF-S NIKKOR 24-120mm f/4G ED VR, atau dengan konfigurasi hanya bodi kamera saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top