
Marketing.co.id – Berita Financial Services | Sedentary lifestyle (pola hidup tidak sehat) dan stres sudah semakin terbukti meningkatkan risiko berbagai penyakit. Riset terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Nature Medicine dari tim peneliti di Universitas Oxford, Inggris, menyebutkan bahwa faktor lingkungan dan pola hidup memiliki dampak lebih besar pada penyakit dibandingkan dengan faktor genetik.
Riset yang dilakukan kepada hampir setengah juta peserta ini menghasilkan 17% variasi risiko lebih terkait dengan faktor lingkungan, sementara faktor genetik hanya sekitar 2%. Selain itu, tingginya risiko kesehatan dan inflasi medis juga masih terlihat dari besarnya pembayaran klaim di industri asuransi.
Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengungkapkan pada periode Semester I 2025, industri asuransi jiwa telah membayarkan klaim senilai lebih dari Rp72,47 Triliun, dimana didalamnya terjadi peningkatan pembayaran klaim kesehatan sebesar 3,2%(yoy) jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Selaras dengan yang terjadi di Generali Indonesia, pembayaran klaim nasabah juga masih terbilang tinggi. Pada periode Januari hingga Juni 2025, Generali Indonesia telah membayarkan klaim senilai lebih dari Rp605,9 Miliar untuk lebih dari 132.000 kasus klaim, dan dari keseluruhan ini, 82%-nya adalah klaim kesehatan yang meningkat 4,87% (yoy) dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Di sisi lain, di tengah masih tingginya risiko kesehatan, Indonesia saat ini berada pada bonus demografi dimana hampir 70% masyarakatnya merupakan usia produktif. Data dari Dirjen Dukcapil menyebutkan dari total penduduk sebanyak lebih dari 282 juta jiwa, 196,5 juta atau 69,58%-nya adalah usia produktif (15-64 tahun), disusul usia muda 0 -14 tahun sebesar 22,95% dan usia tua (di atas 65 tahun) sebanyak 7,46%.
Untuk membentengi masyarakat Indonesia dari ancaman berbagai penyakit PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) menghadirkan produk asuransi kesehatan tambahan terbaru GEN HealthCare Protection, yang memberikan manfaat rawat inap, rawat jalan, hingga manfaat tambahan lainnya melalui perlindungan biaya kesehatan sesuai tagihan dan dengan limit kesehatan mencapai Rp60 Miliar.
Yang Spesial dari produk ini benefit berupa No Claim Discount dan No Claim Bonus, yakni diskon premi hingga 15% dan tambahan perlindungan kesehatan hingga 50% jika tidak terjadi klaim. Fitur ini memungkinkan nasabah #HematDariSehat, sekaligus memberikan ketenangan pikiran untuk bisa terus produktif.
“Kami memahami kesehatan itu bukan hanya soal fisik atau tubuh, tetapi juga ketenangan hati dan masa depan yang lebih aman. Di tengah berbagai tantangan saat ini, nasabah butuh perlindungan yang relevan dan bisa diandalkan agar mereka bisa terus aktif tanpa khawatir,” tutur Rebecca Tan, President Director/Chief Executive Officer Generali Indonesia, saat peluncuran produk, di Jakarta, Kamis (11/9/2025).
”Untuk itu, GEN HealthCare Protection hadir untuk memproteksi dan sangat cocok untuk semua segmen masyarakat, khususnya yang masih dalam usia produktif dan para keluarga muda. Selain itu, produk ini juga bisa menjadi bukti cinta keluarga sekaligus meningkatkan kualitas hidup di masa depan keluarga,” imbuh Rebecca Tan.

Direksi dan manajemen Generali Indonesia, Rebecca Tan President Director dan Chief Executive Officer (paling kanan), Jutany Japit Director and Chief Agency Officer (kedua dari kiri), Suzwamela Zawawi Operation Group Head (paling kiri) bersama nasabah Ibu Lisadea (kedua dari kanan/pada sepeda statis) saat acara peluncuran GEN HealthCare Protection pada hari ini (11/9) di Kantor Pusat Generali Indonesia, Jakarta.
Dengan besaran premi yang ditentukan berdasarkan usia dan plan pilihan nasabah, Generali Indonesia mendorong masyarakat memiliki proteksi kesehatan sedini mungkin agar premi bisa lebih terjangkau, karena saat ini risiko kesehatan bisa terjadi di usia yang semakin muda, dimana saja dan kapan saja.
Dipasarkan melalui saluran distribusi keagenan, GEN HealthCare Protection dapat dimiliki bersamaan dengan perlindungan jiwa GEN Proteksi Utama (GEN Pro), melalui ribuan tenaga pemasar di seluruh Indonesia, yang secara profesional akan membantu para nasabah memiliki solusi proteksi. Para tenaga pemasar ini didukung dengan aplikasi iPropose untuk kemudahan konsultasi online, menganalisis kebutuhan proteksi hingga melakukan pembayaran premi pertama secara online. Prosesnya singkat, aman dan terverifikasi.
“Proteksi GEN HealthCare Protection bukan sekedar perlindungan, melainkan bentuk investasi masa depan keluarga. Dengan fitur No Claim Discount dan No Claim Bonus, kami memberikan reward kepada nasabah sekaligus mendorong mereka agar bisa menjaga hidup lebih sehat,” ujar Jutany Japit, Director and Chief Agency Officer.
Selain memberikan perlindungan inovatif, Generali Indonesia juga memberikan layanan layanan tambahan melalui aplikasi Gen iClick. Aplikasi ini memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi polis, pengajuan klaim secara online, fitur telemedicine dan online pharmacy ‘Dokter Leo’.