Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Kiwi Aliwarga Raih Penghargaan UIAN 2019

Penghargaan diberikan pada perhelatan UI Award Night 2019 atas kontribusi Kiwi Aliwarga dalam pengembangan Artificial Intelligence

Marketing – Sebagai bentuk apresiasi kepada pihak yang telah berkontribusi bagi Universitas Indonesia (UI) dan Indonesia, untuk pertama kalinya UI menggelar acara penghargaan kepada para mitra dan alumni inspiratif bertajuk UI Award Night (UIAN) 2019. 

Mengangkat tema Dari UI untuk Indonesia, UIAN 2019 menjadi pemelihara semangat agar UI selalu berkontribusi untuk pembangunan bangsa. Semangat ini juga sejalan dengan visi inovator teknologi Kiwi Aliwarga melalui UMG Idealab yang juga mendapat penghargaan sebagai Kontributor dalam Bidang Penelitian terhadap Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI. 

Tidak hanya di bidang Penelitian, kontribusi di bidang Pendidikan, Pengabdian Masyarakat, Alumni inspiratif, Media dan Unit Kerja Khusus Pelayanan Pengabdian Masyarakat juga menjadi sorotan UIAN 2019. 

Penghargaan ini diberikan langsung Rektor UI Prof. DR. Ir. Muhammad Anis, M.Met yang dilaksanakan pada Jumat, 1 November 2019 di Ballroom Menara BNI, Jakarta. Selain Kiwi Aliwarga, nama-nama beken seperti Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin, Mochtar Riady, Purnomo Prawiro, Axton Salim, Nila Moeloek, Aning Katamsi dan alumni UI lainnya turut merayakan acara ini.

Rektor UI, Muhammad Anis, mengutarakan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi UI. “Di dalam menjalankan visi UI untuk menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing, tentu UI membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Kami mengucapkan terima kasih kepada segenap sivitas akademika UI, pemerintah, pihak swasta, industri, serta pada alumni dan media massa yang mendukung kami di dalam mengakselerasi UI menuju perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara,” jelas Anis.

Secara keseluruhan, UIAN 2019 memberikan 34 penghargaan pada kategori Penelitian, 40 pada kategori Pengabdian kepada Masyarakat, 24 penghargaan Alumni Inspiratif, 30 penghargaan kepada Media mainstream, 4 unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat, dan 115 penghargaan pada kategori Pendidikan.

“Setelah melakukan MoU pada September 2019 lalu, tentunya merupakan suatu kebanggaan untuk UMG Idealab untuk berkolaborasi dengan UI dan mendapatkan penghargaan UIAN 2019. UI Sebagai perguruan tinggi terbaik di Tanah Air memiliki semangat yang sama dengan kami di UMG Idealab, yaitu concern terhadap pengembangan teknologi Artificial Intelligence.  Kami menilai, saat ini di Indonesia, belum banyak yang mengajarkan mengenai teknologi AI. Untuk itu, kami membangun AI Learning and Innovation Center,” jelas Founder UMG Idealab Kiwi Aliwarga. 

Selain membangun AI Learning and Innovation Center, dana sebesar US$ 1 juta untuk UI akan digunakan untuk program Training of Trainers. Pada program ini, UMG Idealab dan UI akan mengirim dosen, mahasiswa, atau peneliti ke China untuk belajar mengenai teknologi AI. Nantinya, para Trainers tersebut akan diarahkan untuk membawa ilmu yang didapat untuk dapat berkontribusi terhadap pengembangan AI di Tanah Air.

Progress yang sudah kami lakukan sejauh ini adalah pengadaan barang dan pengembangan kurikulum AI Learning Center. Kerja sama ini diharapkan dapat berjalan dengan baik; menghasilkan produk yang berguna dan marketable, dan mencetak sumber daya yang unggul dalam bidang AI, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Target kami adalah dapat beroperasi pada Januari 2020,” pungkas Kiwi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top