Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

KitKat Android Akan Tampil di 50 Juta Kemasan Coklat

AndroidkemasanKitKatSistem operasi mobile Google selanjutnya, KitKat Android akan tampil pada 50 juta kemasan KitKat di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang ungkap Google dan Hershey, perusahaan yang mengontrol KitKat. Kesepakatan co-branding ini tidak melibatkan transaksi tunai dan hanya fokus pada publisitas kedua merek perusahaan.

Hersey dan Google menawarkan konsumen KitKat peluang untuk memenangkan 1000 tablet Nexus 7, 150.000 kredit Google Play masing-masing senilai 5 dollar AS dan 20.000 kupon untuk sekantong KitKat Minis. Mulai Jumat besok waktu Amerika Serikat hingga 31 Januari 2014 hadiah-hadiah tersebut akan diiklankan pada kemasan KitKat.

Namun begitu, seorang pakar branding mengatakan pada BBC bahwa kesepakatan semacam itu memiliki risiko. “Jika merek Anda terikat dengan merek lain, Anda mau tak mau berasosiasi dengan merek tersebut dalam suka maupun duka,” kata Simon Myers.

“Jika merek atau bisnis itu memiliki masalah reputasi, sangat naif bagi kita pemilik merek untuk berpikir bahwa ekuitas merek kita tidak terpengaruh,” imbuhnya.

Sebelumnya, Nestle, pemilik merek KitKat, pernah menghadapi kritik tentang cara mereka mempromosikan susu bubuk bayi di negara berkembang. Perusahaan ini juga pernah menarik kembali beberapa produknya, yang paling teranyar adalah produk makanan anjing  setelah merebaknya kepanikan akan bakteri salmonella di AS.

Google sendiri pernah tertimpa kontroversi, termasuk laporan terbaru dari pemerintah AS yang mengesankan bahwa Android menarik lebih banyak malware daripada sistem operasi mobile lainnya. Tapi Google telah mengumumkan bahwa mereka kini merekam sistem yang teraktivasi di smartphone atau perangkat lainnya lebih dari satu miliar kali.

Terlepas dari kontroversi itu sejauh ini kedua perusahaan masih memiliki reputasi merek yang baik. Google misalnya, berhasil meraih pangsa pasar sistem operasi smartphone sebanyak 46% mengalahkan Apple yang meraih 38% berdasarkan laporan eMarketer.

Jenis kesepakatan ini menjadi yang pertama dalam konteks perpaduan antara software dan makanan kemasan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top