Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Kinerja Rata-rata Unit Link Saham Minus 34% sejak 2018

Selain menjadi unit link dengan penurunan performa terkecil di antara yang lain, Allianz Smartlink Equity Fund ternyata menjadi satu-satunya unit link dari 9 unit link yang performanya lebih baik ketimbang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sejak Maret 2020 hingga Mei 2020, meskipun di sepanjang 2018 hingga akhir 2019, pergerakan Allianz Smartlink Equity Fund cenderung ada di bawah IHSG.

Selain Smartlink Equity Fund yang penurunannya terkecil di antara produk yang kami bandingkan, Allianz juga memiliki produk unit link lain, yakni Allianz Smartlink My Tiger Aggressive Fund yang mencatatkan kinerja -32%. Performa unit link yang satu ini masih di bawah PRUlink Rupiah Equity Fund milik Prudential.

Simas Aggressive Fund, dulu paling kuat sekarang jadi yang terburuk kedua

Data juga memperlihatkan hal yang cukup ironis pada pergerakan Simas Aggressive Fund. Performa unit link ini selalu berada jauh di atas unit link lain dan IHSG sejak awal 2018.

Namun memasuki September 2019, performa unit link milik Sinarmas MSIG Life ini merosot. Per Mei 2020, Simas Aggressive fund menduduki posisi kedua terbawah tepat di atas Axa Maestrolink Aggressive Equity Fund, dengan penurunan -41% sejak bulan Januari 2018.

Risiko Jangka Panjang

Unit link merupakan produk yang juga dikelola oleh Manajer Investasi. Menurut penempatan dananya, unit link itu sendiri memiliki beberapa jenis yaitu, unit link pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.

OIeh karena itulah, unit link juga memiliki risiko yang mempengaruhi kinerjanya dalam jangka waktu tertentu.

Produk ini merupakan produk investasi yang hampir serupa dengan reksa dana. Namun satu hal yang membedakan unit link dengan reksa dana adalah, bahwa unit link menawarkan keuntungan investasi untuk melengkapi keuntungan proteksi dari asuransi. Lain halnya dengan reksa dana yang 100% murni produk investasi.

Jika nasabah ingin melakukan top up modal di reksa dana, mereka bisa melakukannya kapan saja. Namun unit link wajib dibayar secara rutin berbarengan dengan premi asuransi.

Sumber Lifepal.co.id

Pages: 1 2 3

Halaman : 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top