Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Kiat Merdeka Finansial Bagi Generasi Sandwich Millennial

Marketing.co.id – Berita Financial I Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan kriteria seseorang yang sudah merdeka secara finansial adalah mereka yang sudah merasa aman dan tidak cemas akan masa depan berkat investasi dan tabungan yang telah dipersiapkannya. Namun, di kalangan masyarakat khususnya generasi milenials kerap terjepit dalam siklus sandwich generation.

Maybank

Menjawab kebutuhan tersebut, PT Bank Maybank Indonesia, Tbk., mempunyai berbagai produk dan layanan untuk membantu generasi milenials dan masyarakat luas agar dapat memulai menciptakan kemerdekaan finansial dengan mudah, yang dapat dimulai kapan saja.

Steffano Ridwan, Direktur, Community Financial Services, Maybank Indonesia mengatakan, adanya pandemi berkepanjangan menuntut masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan cermat dalam mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan esensial yang kritis. Kiat perencanaan dan pengelolaan keuangan individu pun harus disesuaikan dengan kondisi yang sedang dihadapi terlebih bagi generasi sandwich millennial yang juga memikul tanggung jawab finansial lintas generasi.

“Semangat dan disiplin untuk menciptakan tujuan kemerdekaan finansial harus tetap menjadi komitmen dan faktor terpenting dari nasabah,” ujar dia.

Berikut adalah beberapa kiat jitu bagi individu untuk menggapai cita-cita kemerdekaan finansial yaitu:
Evaluasi kondisi keuangan
Evaluasi dengan cermat cash flow dan kondisi keuangan sebagai langkah awal untuk mengukur taraf kesejahteraan, kebijakan dalam mengelola keuangan, dan mulai menentukan porsi dana yang wajib ditabung atau diinvestasikan guna mencapai kemerdekaan finansial di kemudian hari.

Seimbangkan keuangan dan persiapkan dana darurat untuk keperluan mendesak
Belajar dari pandemi, persiapkan dana darurat untuk skenario musibah atau malapetaka dalam rekening terpisah. Ada pun rumus umum yang dipergunakan oleh financial planner ternama, yaitu nilai tabungan haruslah minimal 6 kali jumlah pengeluaran bulanan.

Terkait itu, Maybank Indonesia memiliki beberapa solusi tabungan baik dalam prinsip Syariah maupun Reguler diantaranya Maybank Tabungan MyPlan/MyPlan iB yakni tabungan yang secara rutin memisahkan sejumlah dana dari sumber rekening utama ke rekening yang hanya dapat dipantau nasabah dalam kurun waktu tertentu, misalnya 12 bulan bahkan hingga 36 bulan. Terdapat tingkat suku bunga/imbal hasil yang berlaku sehingga ketika kontrak berakhir, nilai dana nasabah pun bertambah.

Selain itu, Maybank Indonesia pun segera meluncurkan solusi kekinian bagi para Anak Muda yaitu tabungan U by Maybank yang memberikan keleluasaan bagi nasabah terutama para generasi digital untuk tetap bisa mengikuti trend gaya hidup masa kini dan juga menyiapkan dana darurat maupun dana pensiun.

“Tabungan U dengan mudah membantu nasabah memisahkan dana untuk masa depan dan masa kini yang disertai dengan cashback hingga 10% dari transaksi via M2U ID atau belanja di merchant-merchant yang bekerjasama. Fitur ini memberikan keuntungan ganda dengan kemudahan bertransaksi dan berbelanja di M2U Di dan di saat yang bersamaan juga akan lebih hemat dan secara otomatis disisihkan untuk persiapan bertransaksi di masa yang akan datang,” papar dia.

Baik Maybank Tabungan MyPlan/MyPlan iB dan U by Maybank, nasabah dapat memulai menabung hanya dari Rp 100.000, serta untuk memiliki kedua produk tabungan tersebut, cukup diakses melalui digital banking M2U ID App dan tersedia fleksibilitas bagi nasabah untuk mengatur tanggal menabung secara rutin.

Diversifikasi Risiko Untuk Keuntungan Jangka Panjang
Di samping produk tabungan untuk memulai kemerdekaan finansial, produk investasi reksadana Maybank Indonesia juga bisa menjadi opsi untuk melengkapi perencanaan keuangan masa depan.

Investasi reksadana Maybank Indonesia ini pun mudah diakses melalui M2U ID App dan dapat dimulai dari hanya Rp100,000,- saja serta dapat melakukan pembelian dan penjualan reksadana serta memantau perkembangan nilainya melalui satu aplikasi tersebut. Tersedia berbagai jenis reksadana hingga obligasi dengan tingkat risiko yang beragam.

Tetapkan Skala Prioritas dan Kendalikan Gaya Hidup
Hal ini merupakan upaya penting yakni menentukan skala prioritas dalam menyikapi keuangan untuk kemerdekaan financial. Terapkan moda optimis value and save more ke seluruh aspek pengelolaan keuangan. Moda tersebut akan mendorong Nasabah untuk mendapatkan nilai lebih (value added) terhadap pengeluaran untuk kebutuhan hidup sehingga masih dapat menyisihkan dana untuk kemerdekaan finansialnya.

Investasi Untuk Membeli Properti Idaman
Berdasarkan data Q2 2021, Indonesia Property Market Index (IPMI) mencatat bahwa kenaikan indeks harga properti dari Q1 ke Q2 sebesar 2,24 persen dan 1,97 persen YoY, menggambarkan pertumbuhan tinggi biaya properti di masa mendatang.

Berkaca pada kondisi pasar properti yang mulai menggeliat di tahun 2021 ini, generasi milenials maupun masyarakat secara umum dapat menimba nilai investasi yang meningkat dari masa ke masa dan memberikan kemerdekaan finansial di kemudian hari. Tentunya, calon pemilik hunian harus juga jeli melihat prospek investasi rumahnya di masa mendatang seperti rawan bencana dan akses ke rumah tinggal tersebut.

Untuk membeli properti idaman, Maybank Indonesia juga menghadirkan Maybank KPR dan Pembiayaan Properti iB yang menawarkan persyaratan mudah, program pilihan sesuai kebutuhan mulai dari produk yang variatif, rate kompetitif, uang muka ringan serta memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan pengembang yang ternama.

Selain itu, Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel). Kapasitas layanan perbankan digital Maybank pun terus berkembang melalui M2U ID App Mobile Banking, Maybank2u Internet Banking, dan saluran lainnya.

“Maybank Indonesia akan terus berinovasi dan menghadirkan serangkaian layanan komprehensif, menawarkan produk dan solusi finansial unggulan yang menjawab kebutuhan Nasabah dari segala segmen sehingga dapat senantiasa mendukung nasabah untuk mencapai financial freedom di usia berapa pun sesuai misi kami yaitu humanising financial services,” tutup Stefano.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top