Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Kiat Menjadi Pengusaha Bermental Baja

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam menjalankan suatu kegiatan bisnis atau usaha ada banyak sekali yang harus dimiliki dan dipersiapkan oleh calon pelaku bisnis itu sendiri. Dimulai dari modal yang cukup, pengetahuan managerial, atau teknik berbisnis yang baik serta yang tak kalah pentingnya adalah mental yang kuat.

Mengapa memiliki mental kuat sangat penting dalam berbisnis? Sebab, dalam berbisnis layaknya seperti di dalam merdan perang. Mereka yang memiliki keberanian, pantang menyerah, strategi yang baik dan mental bpebisnis yang kuatlah yang akan menjadi pemenang.

Baca Juga: Menciptakan Perubahan Besar, Dari Pengusaha Jadi karyawan

Menurut Jourdan Kamal, Founder & CEO Maubelajarapa.com, sukses bukanlah tujuan. Namun, perjalanan panjang yang tidak bisa dihitung dengan penjualan ataupun materi. Selama ada progress dan improvement itulah arti kesuksesan yang sebenarnya.

“Dalam masa pandemi ini siapa yang akan sukses? Jawabannya adalah ‘orang yang siap’. Terutama untuk para wirausaha, jangan sampai kita kalah dari keadaan ini. Teruslah eksplorasi diri, dan Anda pasti bisa membangun apapun dengan kerja keras”, ungkap Jourdan.

Baca Juga: Alasan Pengusaha Sebaiknya Jangan Kebanyakan Lembur!

Senada dengan Jourdan, Kevin Osmond, Co-Founder & CEO Printerous membagikan beberapa kiat yang kerap memotivasi dirinya sendiri agar menjadi pengusaha bermental baja. Di antaranya adalah jangan terus berpaku di tahapan mencari ide, karena yang sulit adalah rencana konkrit dan eksekusinya. Jadi apapun ide yang dimiliki, yang terpenting adalah eksekusi dahulu ide tersebut menjadi aksi nyata.

Selain itu, untuk berkembang jangan pernah takut akan kegagalan. Sebagai wirausahawan, masalah dan tantangan pasti datang, dan justru dari kegagalan inilah kita bisa belajar dan membuat bisnis kita lebih sukses. Maka dari itu, wirausahawan juga tidak boleh cepat puas dan harus memiliki growth mindset.

“Sebagai pemimpin perusahaan, bisnis kita tidak akan berkembang jika kita juga tidak mengembangkan diri. Untuk itu, jangan pernah terlena akan kesuksesan sementara dan ingatlah untuk keluar dari zona nyaman,” kata Kevin.

Baca Juga: Rumus Sukses Menjadi Pengusaha Muda

Yang terakhir dan terpenting, lanjut Kevin, janganlah menjadi ‘The Lonely Entrepreneur. Pasalnya saat kita ada di pucuk posisi perusahaan, pasti banyak persoalan yang tidak bisa dibagikan kepada tim, namun cobalah untuk tidak merasa kesepian.

“Cara mengatasinya antara lain bergabunglah dengan komunitas wirausaha sehingga memiliki jaringan ekosistem wirausaha yang tepat, atau gandenglah mentor sebagai tempat berbagi dan saling mendukung,” pungkas Kevin.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top