Kiat memilih smartphone

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

marketing.co.id- Banyaknya handset yang beredar diluar sana membuat kita sedikit kebingungan. Namun hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah digunakan untuk apa smartphone yang dibeli.

Bagi kebanyakan orang mungkin jawabannya adalah untuk panggilan suara, teks, email, dan browsing web. Smartphone apapun akan memungkinkan Anda untuk melakukannya. Tapi jika Anda ingin mengirimkan lebih banyak teks dan email, Anda dapat memilih keyboard perangkat keras daripada model pada layar.

Blackberry salah satu smartphone dengan tombol fisik, tetapi mungkin Anda akan terkejut betapa cepat dan mudahnya untuk mengetik pada keyboard touchscreen virtual.

Aplikasi menjadi pertimbangan lainnya disaat membeli sebuah smartphone, karena biasanya program pihak ketiga sangat membantu untuk  memperluas kemampuan smartphone anda.

Apple App Store dan Android Market memiliki ratusan ribu aplikasi untuk Anda pilih. Jika Anda berpikir juga untuk membeli tablet, ada baiknya memilih platform yang sama seperti banyak aplikasi yang Anda beli akan bekerja pada kedua perangkat.

Sisstem Operasi

Ada empat pilihan utama sistem operasi: Apple IOS, Google Android, BlackBerry OS, dan Windows Phone. Apple dan RIM tidak memberikan lisensi sistem operasi mobile mereka untuk produsen lain sehingga pilihan Anda dari handset terbatas. Sementara Google dan Microsoft membiarkan berbagai produsen menggunakan sistem operasi mereka, sehingga pilihannya sangat banyak.

Antarmuka IOS mudah untuk digunakan. Tetapi untuk memasukan konten ke handset, Anda akan terikat dengan iTunes. Situasi ini mirip dengan perangkat windows phone, Anda harus menginstal dan menggunakan perangkat lunak Microsoft Zune terlebih dahulu.

Dengan handset Android, Anda dapat drag n drop file sebagaimana USB flash drive lakukan, sehingga membuat mereka lebih fleksibel. Meskipun desainnya terbuka, namun memiliki kelemahan. Ada kemungkina bahwa handset tidak bisa melihat dan memutar file yang telah Anda upload, misalnya, mereka mungkin menggunakan codec yang tidak mendukung.

Penyimapanan

Cari memory penyimpanan yang besar. Bahkan jika Anda tidak berencana untuk menyimpan file besar seperti video , tapi itu layak memiliki banyak ruang untuk aplikasi. Ini penting terutama bagi handset seperti iPhone yang tidak bisa di tambah penyimpanannya dengan kartu memori, maka pertimbangan 16GB sebagai minimum sangat masuk akal. Kapasitas penyimpanan tidak jadi masalah jika anda memilih handset dengan slot kartu MicroSD.

Ukuran layar

Semartphone merupakan perangkat pribadi. Dan beberapa orang memilih telepon kecil yang mudah dimasukan kedalam saku, sementara yang lain lebih suka memilih layar yang lebar. Resolusi layar juga sangat bervariasi. Beberapa smartphone memiliki layar dengan 320×480 piksel. Lebih banyak piksel berarti teks dan foto terlihat lebih tajam.

Hiburan

iPhone sering dikritik karena tidak mendukung flash, namun itu hanya sedikit masalah saja. Karena aplikasi khusus dari Apple memungkinkan Anda untuk menggunakan banyak situs seperti Youtube yang biasanya bergantung pada teknologi untuk video dan konten lainnya.

Flash secara perlahan akan digantikan HTML 5. Namun, jika Anda menggunakan website yang masih mengunakannya, Anda akan menginginkan sebuah smartphone yang mendukungnya.

Keamanan

Keamanan data mungkin penting bagi Anda, terutama jika ingin membeli sesuatu atau menyimpan informasi pribadi di telepon Anda. Semua smartphone memiliki keamanan,  dengan sebagian besar menyediakan PIN ketika handset dihidupkan atau perangkat Android dengan cara menggesek untuk membuka perangkat.

Nach, iPhone dan BlackBerry merupakan salah satu handset yang lebih aman dibandingkan platform open source Google Android, namun Anda masih harus hati-hati.

BlackBerry dan smartphone iPhone dapat dilacak dari jarak jauh. Tentu ini akan sangat berguna jika  ponsel Anda hilang. Selain itu Anda juga dapat menghapus isi konten dari jarak jauh jika ponsel Anda dicuri.

Harga

Harga bisa dibilang faktor utama bagi banyak orang, tapi harga smartphone biasanya termasuk dalam harga kontrak bulanan dengan operator.  Jumlah pesan teks termasuk panggilan waktu, dan data (untuk internet dan download) bervariasi, sehingga layak untuk dipertimbangkan.

Handset yang dibeli pada kontrak kemungkinan akan terkunci ke jaringan di mana Anda mendaftar.  Anda mungkin harus membayar untuk menbukanya dan beralih ke operator lain. (CS)

Sumber : pcadvisor.com|digitaltrend

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here