Restoran cepat saji KFC beberapa tahun terakhir ini aktif mengadopsi bisnis yang ramah lingkungan. Hal ini antara lain bisa dilihat dari penggunaan beras organik sebagai bahan pangan yang dijual di seluruh outlet – outlet KFC. Untuk mendapatkan pasokan beras, KFC melalui program CSR “Green Action” ikut membantu petani dalam pembudiayaan pertanian organik.
Untuk lebih meningkatkan gaung Green Action, KFC meluncurkan program tersebut di KFC Kemang, pada 30 Maret 2011. Hadir dalam kesempatan tersebut General Manager KFC, Gandhi Lee, Syamsudin Noor, Walikota Jakarta Selatan, dan Jarot Seno Puguh perwakilan dari PT Biotech Inti Organik. Tampak hadir sejumlah artis memberi dukungan, yakni Rossa, Mike Mohede, Citra Idol, Last Child.
Gandhi Lee, General Manager KFC menjelaskan, Green Action baru diluncurkan sekarang karena KFC tidak ingin gembar – gembor soal lingkungan, meskipun KFC sudah melakukannya sejak tahun 2007. “Tapi kita ingin berbuat terlebih dahulu, ingin menunjukkan dulu ke masyarakat,” katanya singkat.
Jarot Seno Puguh dari PT Biotech Inti Organik yang menjadi mitra KFC dalam budi daya padi organik mengatakan, program ini sangat bagus karena menyerap langsung hasil panen padi organik petani, sehingga petani tidak dipusingkan soal pemasaran. “Produksi kita 244 ton per bulan, 80 persennya dijual ke KFC,” jelasnya
Dia menambahkan, beras organik lebih menyehatkan karena diproduksi tanpa menggunakan pupuk kimia, di tanam di lahan dan pengairan yang bebas dari pencemaran, serta menggunakan variates pada lokal atau alam.
Untuk memperkuat komitmennya pada lingkungan, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan kerjasama antara KFC dan Pemda Bogor untuk pengolahan limbah minyak goreng. Dalam kerja sama ini Pemda Bogor akan menampung minyak jelantah (bekas minyak goreng) dari gerai – gerai KFC untuk selanjutnya diproses menjadi biodiesel. (Tony Burhanudin)